6 Bahaya Menahan Bersin, Jangan Anggap Sepele!

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:56 WIB
Ilustrasi, bahaya menahan bersin.

Ilustrasi, bahaya menahan bersin.

LABVIRAL.COM - Keinginan untuk menahan bersin karena situasi dan keadaan yang tidak memungkinkan kerap kali terjadi. Misalnya, di tengah rapat penting, keramaian, atau di perpustakaan yang benar-benar sunyi. 

Namun, menahan bersin dapat menyebabkan masalah kesehatan. Menahan bersin itu tidak baik karena efeknya malah bisa menimbulkan resiko kesehatan. Ada beberapa bahaya kesehatan saat menahan bersin yang harus diwaspadai.

Apa saja efek buruk menahan bersih? Berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan menahan bersin dihimpun dari berbagai sumber:

Baca Juga: Daftar Golongan Kepangkatan Polri Lengkap dengan Gajinya

1. Sakit pada dada

Menahan bersin terlalu lama dapat menyebabkan perasaan penuh yang tidak nyaman di dada. Menurut ahli THT, Jason Abramowitz, pada saat menahan bersin, kamu memberi tekanan pada bagian diafragma. Hal ini bisa menyebabkan tekanan di dada sampai ke tulang rusuk. 

"Ini memang tidak terlalu berbahaya, tapi akan terasa tidak nyaman," katanya.

Baca Juga: Memahami Arti Daddy Issues, Ciri-ciri Pengidap dan Cara Mengatasinya

2. Kerusakan pada telinga

Menahan bersin dapat menyebabkan tekanan di telinga. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam atau telinga bagian tengah.

Gendang telinga dapat pecah akibat menahan bersin. Hidung dan telinga adalah dua organ vital dyang dihubungkan oleh saluran eustachius. Menahan bersin akan membuat tekanan di hidung meningkat, yang kemudian mengalir ke dalam telinga melalui saluran eustachius, yang dapat menyebabkan trauma di gendang telinga.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini