Apa Itu Tampon? Berikut Penjelasan, Cara Memakai dan Kapan Waktu Menggantinya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:59 WIB
Ilustrasi tampon.

Ilustrasi tampon.

LABVIRAL.COM - Pembalut atau tampon tentu sudah tidak asing lagi bagi kaum perempuan. Ya, dua benda tersebut menjadi opsi untuk mengendalikan darah yang keluar dari vagina ketika seorang perempuan mengalami menstruasi.

Umumnya, dua benda ini harus rutin diganti agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Lalu bagaimana jadinya jika seorang gadis tidak mengganti tampon selama bertahun-tahun?

Pengalaman Melanie Galeaz (22) seorang gadis asal Massachusetts, Amerika Serikat (AS) yang tidak mengganti tampon selama kurang lebih dua tahun.

Baca Juga: 6 Bahaya Menahan Bersin, Jangan Anggap Sepele!

Melalui akun TikTok @MelanieGaleaz, ia mengaku merasakan gangguan kesehatan akibat keteledoran yang dilakukannya sendiri. Bagian dalam organ intimnya terasa sakit, hingga memunculkan bau yang tak sedap.

"Saya tidak tahu sudah berapa lama (tampon-tampon itu) berada (di leher rahim),” kata Galeaz dikutip Labviral.com dari New York Post, Selasa (28/3/2023).

Apa itu tampon?

Dikutip dari Halo Sehat, tampon adalah benda yang bentuknya didesain silinder, dibuat dari kapas yang lembut dan berguna untuk mengendalikan darah menstrurasi.

Perbedaannya dengan pembalut, tampon dimasukkan ke dalam Miss-V sehingga bisa menyerap darah dari dalam organ kewanitaan. Sedangkan pembalut dipasang di area luar vagina untuk menyerap darah menstruasi yang sudah keluar.

Di Indonesia sendiri, pembalut lebih umum digunakan ketimbang tampon yang oleh sebagian wanita dianggap cukup ribet. Sedangkan pembalut, selain praktis digunakan juga mudah didapatkan di toko-toko terdekat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini