6 Destinasi Wisata Religi Yogyakarta, Mengandung Nilai-nilai Sejarah dan Multikultur

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 08:28 WIB
Ilustrasi, rekomendasi wisata religi Yogyakarta Masjid Gedhe Kauman

Ilustrasi, rekomendasi wisata religi Yogyakarta Masjid Gedhe Kauman

LABVIRAL.COM - Yogyakarta tidak hanya tujuan wisata alam dan budaya saja. Di Yogyakarta banyak objek wisata religi dan memiliki banyak nilai sejarah. Berikut ini daftar destinasi wisata religi yang patut dikunjungi saat liburan di Yogyakarta, dijamin mengasyikan dan tidak membosankan.

Wisata religi di Yogyakarta terbuka bagi siapa saja, meskipun menganut agama yang berbeda kamu tetap boleh mengunjungi destinasi wisata religi di Yogyakarta ini. Tak hanya didominasi oleh satu agama, Yogyakarta memiliki beberapa bangunan wisata religi dari berbagai kepercayaan. Selain masjid, ada gereja, klenteng, hingga makam yang bisa dikunjungi siapa saja.

Destinasi wisata religi Yogyakarta juga menyimpan nilai sejarah yang panjang. Kebanyakan wisata religi Yogyakarta memiliki usia lebih dari usia negara Indonesia meraih kemerdekaan. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Lereng Merapi, dari Kastil sampai Batu Alien

Jika kamu memperdalam sejarah atau asal usul masing-masing destinasi wisata religi Yogyakarta, pastinya kamu akan membawa pulang ilmu pengetahuan. Tidak hanya sekedar berkunjung untuk relaksasi di waktu liburan. 

Berikut, daftar destinasi wisata religi Yogyakarta yang menyimpan banyak nilai sejarah. 

1. Masjid Gedhe Kauman

Wisata religi Yogyakarta Masjid Gedhe Kauman (Google Maps)

 

Wisata religi di Yogyakarta yang pertama adalah Masjid Gedhe Kauman. Dimana Masjid Gedhe Kauman adalah bagian dari sejarah penyebaran Islam saat Yogyakarta dalam bentuk kerajaan di masa penjajahan.

Masjid Gedhe Kauman ada sejak zaman Keraton Ngayogyakarta masih memerintah. Penggagas Masjid Gedhe Kauman adalah Sultan Hamengku Buwana I. Dimana pembangunan masjid ini diminta langsung oleh Raja Jawa itu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini