8 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam, Bisa Bikin Mulus

Sunardi
Selasa 28 Maret 2023, 15:39 WIB
Ilustrasi merendam kaki di air. (Sumber : Freepik.com/kroshka__nastya)

Ilustrasi merendam kaki di air. (Sumber : Freepik.com/kroshka__nastya)

LABVIRAL.COM - Merendam kaki dengan air garam adalah salah satu cara sederhana namun efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kaki. Selain memberikan rasa relaksasi, merendam kaki dengan air garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan tampilan kaki.

Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, proses merendam kaki dengan air garam juga mudah dilakukan. Dengan rutin merendam kaki dengan air garam tentu akan memberikan dampak tersendiri bagi kaki.

Disarikan dari beberapa sumber, berikut adalah deretan manfaat merendam kaki dengan air garam yang perlu kamu ketahui:

1. Menghilangkan pegal

Ilustrasi merendam kaki di air. (freepik.com)Ilustrasi merendam kaki di air. (freepik.com)

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan merendam kaki di air garam adalah bisa menghilangkan rasa pegal. Cara melakukan perendaman kaki di air garam harus menggunakan air hangat supaya garam mudah larut.

Baca Juga: Berbahaya, Ini Efek Jangka Panjang Mengonsumsi Garam Berlebihan

Baca Juga: Berkhasiat Baik Seperti Ini Fungsi Garam Himalaya Bagi Kesehatan

Dengan merendamkan kaki di dalam air garam yang hangat bisa membuat relaksasi pada otot-otot, tumit, dan betis. Selain itu, dengan air hangat tersebut tentu bisa melebarkan pembuluh darah sehingga terjadi sirkulasi yang lebih lancar.


2. Bantu atasi lecet

Ilustrasi kaki lecet. (freepik.com)Ilustrasi kaki lecet. (freepik.com)

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari merendam kaki di air garam adalah bisa membantu atasi lecet. Jika kaki kita mengalami lecet akibat alas kaki, hal tersebut bisa disembuhkan dengan merendamkan kaki di air garam. Adanya kandungan mineral di dalam garam bisa membuat tenang dan melembutkan kulit. Luka lecet pada kaki pun akan lebih cepat sembuh.


3. Mencegah infeksi jamur

Ilustrasi kaki yang sudah dibersihkan. (Sumber: Frepik.com/jannoon028)Ilustrasi kaki yang sudah dibersihkan. (Frepik.com/jannoon028)

Manfaat lain dari merendam kaki pada air garam adalah bisa mencegah infeksi jamur. Manfaat garam pada kulit memang bisa membantu menjaga kelembaan dan membantu mengatasi berbagai luka.


4. Menghilangkan sel kulit mati

Ilustrasi sel kulit mati yang ada di kaki. (Freepik.com/schantalao)Ilustrasi sel kulit mati yang ada di kaki. (Freepik.com/schantalao)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini