Yuk Ketahui, Inilah 5 Penyebab Kuku Rusak dan Cara Mengobatinya

Sunardi
Selasa 28 Maret 2023, 15:58 WIB
Ilustrasi kuku kaki yang sudah dibersihkan. (Sumber : Freepik.com/valuavitaly)

Ilustrasi kuku kaki yang sudah dibersihkan. (Sumber : Freepik.com/valuavitaly)

LABVIRAL.COM - Kuku yang sehat dan kuat memang penting untuk menjaga penampilan dan kesehatan. Namun, kuku yang rusak dapat mengganggu penampilan dan kesehatan kuku itu sendiri. Salah satu hal yang penting adalah mengetahui penyebab kuku rusaknya.

Penyebab kuku rusak memang beragam, mulai dari kebiasaan buruk hingga masalah kesehatan yang mendasar. Setelah tahu sebabnya, kamu harus mengetahui cara mengobatinya.

Berikut adalah beberapa penyebab kuku rusak dan cara mengobatinya yang dikutip dari beberapa sumber:

1. Cedera fisik

Ilustrasi kuku kaki yang dalam keadaan kering dan pecah-pecah.Ilustrasi kuku kaki yang dalam keadaan kering dan pecah-pecah. (Twitter/@adit_insomnia)

Salah satu penyebab kuku bisa rusak adadalah cedera fisik. Cedera fisik seperti jatuh atau tertimpa benda berat dapat membuat kuku rusak.

Jika kerusakan cukup ringan, seperti pecah atau terkelupas, kamu dapat memotong bagian ujung kuku yang rusak dan membiarkan kuku tumbuh kembali. Namun, jika kerusakan cukup parah dan menyebabkan rasa sakit, harus harus segera mencari perawatan medis.

Baca Juga: Dampak Buruk Sering Menggigit Kuku, Ayo Tingalkan Kebiasaaan Ini!

Baca Juga: Kenapa Kotoran di Kuku Bau? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya


2. Infeksi jamur atau bakteri

Ilustrasi kuku kaki yang mengalami bengkak.Ilustrasi kuku kaki yang mengalami bengkak. (Twitter/@ErkeMalaysia)

Beberapa penyebab lainnya dari kuku rusak adalah adanya infeksi jamur atau bakteri. Infeksi jamur atau bakteri pada kuku dapat menyebabkan kuku rusak dan menguning. Kondisi ini disebut onikomikosis.

Cara mengobati kondisi onikomikosis adalah dengan menggunakan antijamur atau antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, menjaga kebersihan kuku dan mempertahankan kelembaban yang seimbang pada kuku dapat membantu mencegah adanya infeksi.


3. Kekurangan nutrisi

Ilustrasi makanan sehat.Ilustrasi makanan sehat. (Freepik.com/denamorado)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini