Tips Memilih Burung Kacer Gacor dari Kepala hingga Ujung Kaki

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 29 Maret 2023, 21:40 WIB
Ilustrasi, burung kacer untuk perlombaan.

Ilustrasi, burung kacer untuk perlombaan.

LABVIRAL.COM - Kucica Kampung, mungkin masih banyak khalayak yang belum mengenal nama tersebut. Tetapi, kicau mania pasti mengenal burung Kacer. Ya, Kucica Kampung adalah nama lain dari burung Kacer.

Burung ini berwarna dominan hitam dan putih yang terdapat di bagian sayap dan perut burung, dengan ekor yang cukup panjang. Burung jenis ini banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, sebutan untuk jenis burung ini cukup banyak. Di Jawa tengah dan Jawa Timur, burung yang termasuk dalam famili Muscicapidae itu dikenal dengan sebutan srintil.

Baca Juga: Jadwal Imsak Indragiri Hilir 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Indragiri Hilir Ramadhan 2023

Sedangkan penduduk Kalimantan Barat, atau khususnya masyarakat Kapuas Hulu menyebut burung Kacer dengan nama burung Tinjaw

Burung Kacer atau Kucica Kampung merupakan salah satu burung kicau yang cukup diminati di Indonesia. Tak heran jika kejuaraan kicau atau latihan bareng untuk burung ini kerap diadakan.

Selain kicau merdu, Kacer juga mempunyai tingkah unik yang tidak dimiliki burung kicau lainnya. Burung ini akan membesarkan badannya saat merasa ketakutan atau kalah, di mana beberapa daerah menyebut hal tersebut dengan istilah mbagong.

Baca Juga: Jenis-jenis Burung Kenari yang Cocok Dijadikan Peliharaan dan Ikut Kontes

Setidaknya ada lima jenis burung Kacer yang bisa ditemukan di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Kacer Jawa, Kacer Poci, Kacer Kalimantan, Kacer Blorok ataupun Kacer Madagaskar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

Tanda Burung Kacer Siap Ikut Lomba

Rabu 29 Maret 2023, 20:30 WIB
Tanda Burung Kacer Siap Ikut Lomba
Berita Terkini