Dalil Kewajiban Memberi Nafkah yang Halal untuk Keluarga

Dian Eko Prasetio
Rabu 29 Maret 2023, 22:02 WIB
Dalil Kewajiban Memberi Nafkah yang Halal untuk Keluarga (Sumber : pexels.com/Antony Trivet)

Dalil Kewajiban Memberi Nafkah yang Halal untuk Keluarga (Sumber : pexels.com/Antony Trivet)

LABVIRAL.COM Memberi nafkah yang halal untuk keluarga harus diusahakan oleh setiap laki-laki yang sudah membangun rumah tangga.

Terkait persoalan ini, Islam tak main-main karena halal dan haramnya suatu harta berulang kali ditegaskan Allah Swt dalam Al-Qur’an.

Berikut HoedHoed.com bagikan penjelasan tentang betapa pentingnya nafkah yang halal untuk keluarga. Simak sampai habis ya!

Kewajiban Memberi Nafkah yang Halal

Ilustrasi nafkah batin. (pexels.com/Muhamad Faizal Awal)

 

Memberi nafkah yang halal kepada keluarga merupakan kewajiban bagi para suami. Lebih dari sekadar halal, nafkah yang diberikan juga harus baik mulai dari cara mendapatkan hingga dzatnya.

"Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan." (QS. At-Talaq ayat 7).

Rasulullah saw bersabda, “Nafkah yang diberikan seorang kepala rumah tangga kepada keluarganya bernilai sedekah. Sungguh, seseorang diberi ganjaran karena meski sesuap nasi yang dia masukkan ke dalam mulut keluarganya.’” (HR. Muttafaq alaih).

Keutamaan memberi nafkah yang halal bagi keluarga bisa mengantarkan seseorang menuju surganya Allah.

Dari Abu Sa’id ra, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengasuh tiga putri, lalu mendidik, kemudian mengawinkan, dan memperlakukan tiga putrinya itu, maka ia berhak mendapat surga,” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini