4 Tips Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Jangan Anggap Sepele

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 29 Maret 2023, 23:15 WIB
Ilustrasi - merawat anak kucing

Ilustrasi - merawat anak kucing

LABVIRAL.COM -  Anak kucing yang baru lahir membutuhkan perawatan khusus terutama dari induknya. Namun, seringkali ada kondisi dimana anak kucing lahir, namun tidak ada induk yang mengasuh serta merawat anak kucing tersebut.

Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya bagi anak kucing, karena mereka belum bisa mandiri. Mereka masih sangat bergantung untuk mencari makan ataupun minum. Ditambah karena kondisi baru lahir, tubuh mereka masih lemah dan belum bisa beradaptasi secara maksimal dengan lingkungan sekitarnya.

Kalau kamu menghadapi situasi seperti itu, tenang, jangan panik. Berikut ini Labviral.com lampirkan dari Youtube Kata Dokter Hewan, sejumlah tips merawat anak kucing tanpa induk. Yuks cekidot!

Baca Juga: Jadwal Imsak Kepulauan Meranti 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Kepulauan Meranti Ramadhan 2023

1. Sediakan wadah khusus untuk anak kucing

Kamu perlu menyediakan wadah khusus yang akan jadi tempat tinggal anak kucing. Bisa berupa baskom, kendang kucing, kardus atau wadah lainnya selama anak kucing tidak bisa keluar dari wadah yang kamu siapkan tersebut.

2. Sediakan handuk di wadah

Setelah wadahnya kamu siapkan, kamu harus menyediakan handuk untuk diletakkan sebagai dasar. Guna dari handuk ini salah satunya agar anak kucing tetap merasa hangat ketika ada di dalam wadah tersebut.

Baca Juga: Anggrek Tidak Subur dan Berkembang? Begini Cara Atasinya

3. Sediakan lampu penghangat

Salah satu kondisi yang harus kamu sediakan untuk anak kucing adalah kehangatan. Meski sebelumnya sudah disediakan handuk, namun kamu tetap harus memberikan lampu penghangat (pijar), misalnya 40 watt.

Lampu ini harus kamu hidupkan selama 24 jam dan jaraknya 30 cm dari atas wadah tempat anak kucing tinggal agar kehangatannya terjaga.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini