Penjelasan 4 Unsur Mukjizat dalam Islam Menurut Quraish Shihab

Dian Eko Prasetio
Kamis 30 Maret 2023, 03:47 WIB
Penjelasan 4 Unsur Mukjizat dalam Islam Menurut Quraish Shihab (Sumber : pinterest.com/Imam Al-Sadiq)

Penjelasan 4 Unsur Mukjizat dalam Islam Menurut Quraish Shihab (Sumber : pinterest.com/Imam Al-Sadiq)

LABVIRAL.COM Terdapat beberapa unsur mukjizat dalam Islam yang perlu diimani oleh setiap muslim. Sebab percaya dengan keajaiban yang dialami nabi dan rasul merupakan tanda-tanda orang beriman.

"Jika kami kehendaki niscaya Kami menurunkan kepada mereka mukjizat dari langit, maka senantiasa kuduk-kuduk mereka tunduk kepadanya." (QS. Asy-Syu'ara ayat 4)

Namun peristiwa besar yang terjadi tidak serta merta tergolong sebagai mukjizat. Menurut Quraish Shihab, setidaknya ada empat unsur yang harus dipenuhi untuk menilai apakah keajaiban termasuk mukjizat atau tidak.

Lebih detailnya, berikut ini merupakan penjelasan unsur mukjizat dalam pandangan agama Islam yang disadur labviral.com dari situs resmi Universitas Islam An Nur Lampung pada Senin, 13 Februari 2023.

Baca Juga: 4 Macam Mukjizat dalam Islam yang Dialami Para Nabi dan Rasul

1. Terjadi Secara Luar Biasa

Ilustrasi mukjizat para nabi (pinterest.com/Ahmad Hamid)

 

Syarat utama sesuatu bisa dikategorikan sebagai mukjizat adalah kejadiannya luar biasa dan sukar diterima dengan akal sehat.

Misalnya ketika Nabi Muhammad saw membelah bulan, kejadian tersebut benar-benar di luar nalar dan tidak mungkin bisa dilakukan oleh orang biasa.

Maka dari itu ketika hari ini ada kejadian yang sekilas tampak luar biasa seperti hipnotis dan sulap, hal itu bukan termasuk bagian dari mukjizat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini