Inilah Perbedaan Monday Blues dengan Depresi, Pahami dan Atasi dengan Tepat

Sunardi
Kamis 30 Maret 2023, 14:09 WIB
Ilustrasi seorang pria yang sedang depresi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seorang pria yang sedang depresi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Beberapa orang dewasa ini banyak yang mengalami Monday blues dan depresi. Kedua kondisi tersebut banyak pula yang menganggapnya sama.

Monday blues dan depresi merupakan dua hal yang berbeda. Monday blues adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan sedih, malas, atau kurang termotivasi yang terjadi pada hari Senin. Hari Senin yang dihadapi setelah akhir pekan yang menyenangkan ini cenderung terasa ingin segera dilewati saja.

Perasaan Monday blues ini cenderung bersifat sementara. Selain itu biasanya tidak menimbulkan dampak yang signifikan pada kehidupan sehari-hari. Kondisi Monday blues yang dialami seseorang akan hilang seiring berjalannya hari yang menuju pada akhir pekan tiba.

Kondisi Monday blues berkaitan erat dengan aktivitas pekerjaan yang memiliki masalah atau tuntutan yang membuat pikiran menjadi stres. Namun, hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti introspeksi diri, liburan dan istirahat cukup pada akhir pekan, dan lain sebagainya.

Seseorang yang mengalami kondisi Monday blues ini cenderung masih bisa menaruh minat pada aktivitas yang disukainya. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang bisa menyembuhkan gejala Monday blues secara mandiri.

Di sisi lain, depresi adalah kondisi medis yang lebih serius dan berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama. Seseorang dengan depresi mengalami perasaan sedih, kehilangan minat pada kegiatan yang biasanya disukai, perubahan nafsu makan atau tidur, merasa tidak berharga atau bersalah, dan bahkan berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Baca Juga: Apa itu Monday Blues? Kenali Gejalanya Supaya Bisa Terhindar

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Inilah Persamaan dan Perbedaan Monday Blues dengan Sunday Night Blues

Baca Juga: Healing Tak Perlu Mahal, Kamu Bisa Lakukan Ini Ketika Stres

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini