Serba-serbi Soal Brotherhood dalam Komunitas Bikers

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 09:25 WIB
Salah satu nilai-nilai positif yang selalu berusaha ditanamkan komunitas bikers terhadap anggota maupun masyarakat umum adalah brotherhood

Salah satu nilai-nilai positif yang selalu berusaha ditanamkan komunitas bikers terhadap anggota maupun masyarakat umum adalah brotherhood

LABVIRAL.COM, Salah satu nilai-nilai positif yang selalu berusaha ditanamkan komunitas bikers terhadap anggota maupun masyarakat umum adalah brotherhood.

Adapun makna brotherhood dalam komunitas bikers ini antara lain:

1. Solidaritas

Sesuai dengan terjemahan dari brotherhood itu sendiri yang berarti persaudaraan, komunitas bikers ingin selalu menciptakan solidaritas antar anggotanya. Bukan hanya sekedar bersepeda motor bersama dengan rute antar kota sampai luar pulau.

Hal ini seperti yang disebutkan oleh salah satu public figure yang  tergabung dalam komunitas bikers yaitu Indro Warkop.  Beliau menjelaskan bahwa keunikan dari brotherhood dalam komunitas bikers adalah tujuan bersepeda motor hingga ratusan kilometer yang bisa dibilang sepele. Hanya sekedar kumpul dan duduk santai serta bercengkerama .

Namun dari hal sepele tersebut justru solidaritas dapat tumbuh. Yang mungkin awalnya saat berangkat tidak saling mengenal, ketika sudah menempuh perjalanan melewati berbagai pengalaman dan kembali pulang, anda sudah memiliki teman dekat.

Solidaritas di sini tidak hanya melulu eksklusif antar anggota komunitas bikers namun juga untuk masyarakat umum.  Harapannya semangat brotherhood ini juga bisa dirasakan sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

Contoh-contoh kegiatan yang dilakukan oleh komunitas bikers untuk tujuan tersebut antara lain, membagikan pengalaman perjalanan dan keindahan alam yang dilihat dalam event yang melibatkan komunitas bikers, mengadakan bakti sosial ke pihak-pihak yang membutuhkan seperti panti asuhan maupun korban-korban yang terkena musibah.

2. Santun dalam bersikap

Selain kegiatan sosial, penerapan nilai brotherhood ini juga harus diterapkan setiap anggota dari tata caranya bersikap terutama saat bersepeda motor.

Selama ini yang terjadi di lapangan, ada oknum-oknum yang merasa dirinya sebagai penguasa jalanan. Salah satu hal yang membuat  citra komunitas bikers dicap buruk oleh masyarakat. Untuk itulah komunitas bikers yang sekarang tidak henti-hentinya mengingatkan setiap anggotanya untuk berlalu lintas dengan baik dan benar seperti, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, berkendara dengan kecepatan yang aman, tidak kebut-kebutan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini