Perbedaan Antara Geng Motor, Klub Motor dan Single Fighter, Jangan Keliru Ya

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 09:34 WIB
Ada cukup banyak kelompok motor yang berdiri belakangan ini. Sekilas terlihat sama, namun tentu saja, maksud dan tujuannya berbeda

Ada cukup banyak kelompok motor yang berdiri belakangan ini. Sekilas terlihat sama, namun tentu saja, maksud dan tujuannya berbeda

LABVIRAL.COM, Ada cukup banyak kelompok motor yang berdiri belakangan ini. Sekilas terlihat sama, namun tentu saja, maksud dan tujuannya berbeda. Coba saja lihat tentang klub motor, pastinya berbeda dengan geng motor, dan yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kelompok motor yang ada di Indonesia saat ini, antara lain:

1. Geng motor

Sebelum membahas tentang apa itu klub motor, ada baiknya jika Anda mengenal apa itu geng motor. Tentu banyak dari Anda yang sudah mengenal kelompok yang satu ini, dan pastinya berbeda dengan klub motor.

Geng Motor sendiri adalah sebuah bagian dari suatu kultur atau juga subkultur masyarakat, yang terbentuk dari sekelompok anak muda atau remaja putra. Umumnya didominasi oleh latar belakang daerah, sosial, atau juga sekolah yang sama, untuk mengasosiasikan dirinya, menggunakan sepeda motor, sebagai perwujudan ekspresi.

Awalnya geng motor ini, melakukan aksi balap liar, dan aksi menantang bahaya lainnya, yang dilakukan pada malam hari hingga menjelang dini hari di jalan raya. Namun belakangan aksi yang dilakukan jadi merambah ke aksi kriminalitas, seperti merampas, pengeroyokan, perusakan, dan aksi kriminalitas lainnya.   

2. Klub motor

Untuk klub motor atau club motor adalah sebuah perkumpulan motor, yang terdiri atas 1 jenis motor yang sama. Di mana di dalamnya terdapat AD/ART yang jelas, dan tentunya harus dipatuhi oleh para anggota. Tidak hanya itu struktur organisasinya juga terbilang lengkap.

Biasanya sebuah club motor mempunyai suatu induk atau juga naungan yang mempunyai struktur kepengurusan secara tersusun, baik pusat, wilayah dan yang lainnya.    

3. Komunitas / community motor

Lalu ada juga komunitas atau community motor, tidak lain adalah sebuah perkumpulan, yang mempunyai hobi yang sama, namun tidak terbatas pada 1 jenis motor saja. Yang artinya berbagai macam jenis motor dapat masuk dan bergabung dengan komunitas tersebut. Misalnya saja komunitas dengan merek motor tertentu, atau yang lainnya.  

4. Single fighter

Jika sebelumnya sudah membahas tentang klub motor, berikutnya ada Single Fighter. Berbeda dengan Club motor, Single Fighter sendiri adalah seorang bikers, yang tidak mengikuti kelompok manapun, jadi sifatnya independen atau sendiri. Yang artinya seorang Single Fighter adalah seorang bikers yang suka dengan kegiatan bermotor sendirian, dan tidak ingin terikat dengan aneka kelompok manapun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini