Olahraga Pagi Lebih Banyak Bakar Lemak, Yuk Biar Langsing

Tim Redaksi Labviral
Jumat 07 April 2023, 14:37 WIB
Olahraga Pagi Lebih Banyak Bakar Lemak, Yuk Biar Langsing (Freepik.com)

Olahraga Pagi Lebih Banyak Bakar Lemak, Yuk Biar Langsing (Freepik.com)

LABVIRAL.COM, Seseorang dengan berat badan yang berlebih akan meningkatkan kadar asam lemak. Akibat lemak yang berlebih berisiko menimbulkan obesitas yang dapat meningkatkan penyakit jantung, stroke hingga diabetes. Maka dari itu, mereka harus mengontrol pola gaya hidup dengan mengatur makanan sehat serta rutin berolahraga. 

Olahraga sangatlah penting untuk kesehatan, kebugaran dan juga dapat membakar lemak. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan seseorang yang rutin olahraga di pagi hari adalah cara paling efektif untuk membakar lemak.

Dilansir Labviral.com dari laman The Independent, aktivitas fisik atau olahraga pada waktu yang tepat atau di fase awal akan meningkatkan metabolisme.

Baca Juga: Apakah Latihan Kardio Bisa Membakar Lemak? Berikut Fakta dan Daftarnya

Untuk menentukan bagaimana fase awal dapat membantu pembakaran lemak, para peneliti di Karolinska Institut dan University of Copenhagen mempelajari lemak tubuh tikus setelah sesi latihan intensitas tinggi di treadmill yang dilakukan pada dua fase yaitu di pagi dan malam hari.

Para peneliti mempelajari bahwa berbagai penanda metabolisme lemak dan menganalisis gen mana yang aktif dalam jaringan lemak setelah berolahraga.

Baca Juga: Auto Langsing, Ini 5 Teh Herbal yang Dapat Membantu Bakar Lemak di Perut

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PNAS mengungkapkan bahwa tikus yang berolahraga dalam 'fase aktif awal' setara dengan olahraga pagi hari bagi manusia dapat meningkatkan ekspresi gen yang terlibat dalam pemecahan jaringan lemak (adiposa), termogenesis dan sel-sel dalam jaringan adiposa yang menunjukkan tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

Profesor Juleen Zierath, dari departemen kedokteran molekuler dan bedah dan departemen fisiologi dan farmakologi, Karolinska Institutet, Swedia, mengatakan, hasil kami menunjukkan bahwa olahraga pagi bisa lebih efektif daripada olahraga pada malam hari dalam hal meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini