Mulai Hari Ini, Rajinlah Ucapkan Terima Kasih ke Pasanganmu!

Tim Redaksi Labviral
Jumat 14 April 2023, 18:10 WIB
Mulai Hari Ini, Rajinlah Ucapkan Terima Kasih ke Pasanganmu! (Freepik.com)

Mulai Hari Ini, Rajinlah Ucapkan Terima Kasih ke Pasanganmu! (Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Jangan sepelekan kata-kata. Pilihan kata yang baik, nyaman dan menenangkan, akan membuat siapa saja yang mendengarnya mengalami sebuah kondisi psikis yang baik. Apalagi, kata-kata itu ditujukan kepada orang spesial seperti pasangan hidupmu. Bahkan, ucapan yang ampuh sudah terbukti secara ilmiah mampu membuat hubunganmu dengan dia semakin awet.

Psikolog Dr. John Gottman dan Dr. Julie Schwartz Gottman dari Love Lab telah mempelajari lebih dari 40.000 pasangan yang akan memulai terapi pasangan, dan mendapatkan fakta bahwa ucapan yang ampuh membuat hubungan awet adalah adalah kata terima kasih.

Meskipun setiap hubungan itu unik dengan tantangannya masing-masing, mereka melihat ada satu kesamaan yang dimiliki semua pasangan, yaitu perasaan ingin dihargai dan diakui eksistensi serta usahanya. Maka, Gottman menemukan bahwa ucapan terima kasih sangat ampuh membuat hubungan menjadi awet.

"Ungkapan paling terbaik dalam hubungan yang sukses: 'Terima kasih'," tulis Gottman di CNBC, dikutip Labviral.com.

"Hubungan yang berkembang membutuhkan budaya penghargaan yang antusias, di mana kita pandai memperhatikan hal-hal yang dilakukan pasangan kita dengan benar, seperti halnya kita memperhatikan kesalahan mereka," lanjutnya.

Namun, mereka mengingatkan bahwa sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap, yakni melihat apa yang tidak dilakukan pasangan kita.

"Terdapat narasi di mana kamulah yang berusaha keras, dan kamu mulai percaya itu benar," jelasnya.

Gottman pun menyarankan agar pasangan menyingkirkan pola pikir beracun ini dengan memindai hal-hal positif dan mulai mengucapkan "terima kasih". Lantas, bagaimana cara masuk ke pola pikir apresiatif terhadap pasangan seperti ini?

"Kamu mungkin mengatakan "terima kasih" sepanjang hari hampir tanpa berpikir kepada kolega Anda, kepada penjual tas di supermarket, atau kepada orang asing yang membukakan pintu untuk Anda. Namun dalam hubungan kita yang paling intim, kita bisa melupakan betapa pentingnya mengucapkan terima kasih," ungkapnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

8 Ciri Pasangan Toxic, Amit-amit Deh!

Jumat 07 April 2023, 16:23 WIB
8 Ciri Pasangan Toxic, Amit-amit Deh!
Berita Terkini