Jenis Pakaian Dinas TNI Angkatan Laut, Mari Kenali Warna dan Fungsinya

Tim Redaksi Labviral
Selasa 18 April 2023, 01:55 WIB
Jenis Pakaian Dinas TNI Angkatan Laut, Mari Kenali Warna dan Fungsinya (FOTO: tnial.mil.id)

Jenis Pakaian Dinas TNI Angkatan Laut, Mari Kenali Warna dan Fungsinya (FOTO: tnial.mil.id)

LABVIRAL.COM - Kamu mungkin masih bingung ketika melihat anggota TNI dengan seragamnya. Selama ini orang hanya mengenali seragam TNI dengan corak hijau loreng. Padahal, seragam TNI terdapat banyak, termasuk jenis pakaian dinas TNI AL.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia telah mengeluarkan aturan khusus untuk model seragam  yang dipakai TNI. Jadi, tak heran jika satu stel seragam TNI bisa memiliki nilai harga yang lumayan tinggi.

Di TNI AL terdapat tiga jenis seragam. Seragam tersebut adalah pakaian dinas upacara (PDU), pakaian dinas harian (PDH), dan pakaian dinias lapangan (PDL). Masing-masing dari pakaian dinas itu memiliki fungsi berbeda.

1. PDU yang berwarna putih biasanya dipakai pada saat ucapara resmi. PDU terdiri dari beberapa tingkatan, yakni PDU I, PDU II, PDU III, dan PDU IV.

2. PDH merupakan seragam yang berwarna biru dongker. Seragam ini dipakai sehari-hari di lingkungan pekerjaan atau di tempat umum.

3. PDL sesuai namanya, seragam ini memang ditujukan dan digunakan saat melakukan kegiatan di lapangan.

Selain itu, seragam dinas lain yang dimiliki oleh TNI AL juga ada yang dikhususkan untuk kegiatan internasional.  

1. Seragam PDH Khusus

Seragam ini digunakan untuk kegiatan harian pada saat dinas di luar negeri atau di dalam negeri. Kegiatan tersebut tentu masih berkaitan erat dengan kegiatan bersama militer negara lain.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini