Mengajari Kucing Untuk Duduk Ketika Diminta, Lakukan Langkah-langkah Berikut ini

Ananta
Kamis 11 Mei 2023, 15:03 WIB
Mengajari Kucing Untuk Duduk Ketika Diminta, Lakukan Langkah-langkah Berikut ini (Sumber : freepik.com)

Mengajari Kucing Untuk Duduk Ketika Diminta, Lakukan Langkah-langkah Berikut ini (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Mengajari kucing untuk duduk ketika diminta bisa sangat berguna untuk banyak hal. Mulai dari memperkenalkan perawatan dan penanganan, mereka akan tetap berada di posisinya. 

Saat menyiapkan makan, dengan mengajari kucing untuk duduk ketika diminta, kamu dapat melakukan proses itu dengan tenang karena mereka akan diam menunggu perintah.

Untuk mengajari kucing untuk duduk ketika diminta, sebelum memulainya, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan atau persiapkan.

Baca Juga: Mengenal Karakter Kucing Himalaya, Cocok Jadi Hewan Peliharaan Bagi Kaum Jomblo

Ingin tahu lebih banyak? Dilansir laman cats.org.uk, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengajari kucing untuk duduk ketika diminta.

Persiapan

Sebelum memulai pelatihan ini, kamu perlu :

  • Kucing yang sehat secara fisik dan percaya diri (kucing yang lebih tua atau lemah mungkin akan kesulitan)
  • Ruangan yang tenang tanpa gangguan
  • Camilan lezat yang tidak membutuhkan banyak kunyahan
  • Sedikit kesabaran

Baca Juga: 6 Manfaat Memelihara Kucing, Ternyata Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Tahapan Pelatihan

Tahap 1

  1. Pegang camilan kucing di antara ujung jari telunjuk dan ibu jari dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  2. Berdirilah di depan kucing dengan camilan berjarak 1-2 cm dari hidungnya (beberapa kucing mungkin lebih suka jika kamu duduk atau berlutut agar mereka tidak membungkuk).
  3. Angkat camilan secara perlahan dari hidung kucing. Mereka kemudian akan mengikutinya dengan tatapan mata dan melihat ke atas.
  4. Setelah camilan terangkat sekitar lima sentimeter, mulailah perlahan-lahan memindahkannya beberapa sentimeter ke belakang ke arah ekor kucing.
  5. Jika mereka mengikuti camilan dengan tatapannya, mereka secara alami akan masuk ke posisi duduk. Mungkin diperlukan waktu beberapa detik bagi mereka untuk mengetahuinya, jadi peganglah camilan pada posisinya jika mereka tidak langsung duduk.
  6. Segera setelah kucing duduk, katakan 'ya' dan berikan camilannya.
  7. Jika kucing kamu pandai mengikuti camilan, lemparkan camilan agak jauh dari mereka sehingga mereka bergerak dan secara alami mengatur ulang posisinya untuk memulai lagi.
  8. Jika tidak, jangan khawatir, berikan makanan dengan tangan lalu gerakkan diri kamu agar kucing berdiri dan Kamu dapat memulai kembali prosesnya.
  9. Jika kucing merasa nyaman dengan proses ini, ulangi langkah 1-6 beberapa kali agar mereka mengetahui bahwa duduk di lantai akan membuat mereka mendapatkan camilan.

Baca Juga: SADIS! Sebuah Video Kucing Diblender Tersebar di Media Sosial, Membuat Warganet Geram

Tahap 2

  1. Setelah sesi latihan berhasil secara konsisten, Kamu dapat mengubah gerakan tangan secara bertahap.
  2. Letakkan tangan kamu yang memegang camilan di depan kucing, lalu jentikkan pergelangan tangan kamu ke atas untuk memberi isyarat agar kucing duduk.
  3. Ketika mereka duduk, katakan 'ya' dan berikan camilannya.
  4. Ketika kucing telah menguasai sinyal ini, Kamu dapat mulai mengurangi ketergantungan pada camilan. Masukkan tangan kamu ke dalam kantong/mangkuk camilan, tetapi jangan mengeluarkannya.
  5. Tetap tunjukkan tangan kamu kepada kucing dengan cara yang sama seperti yang Kamu lakukan sebelumnya dan ulangi tindakan tersebut.
  6. Jika kucing duduk, katakan 'Ya' dan kemudian berikan camilan - Kamu harus selalu memberi mereka hadiah dengan cara tertentu.
  7. Setelah ini berhasil beberapa kali, Kamudapat mengulurkan tangan tanpa berpura-pura mendapatkan camilan sebelumnya.
  8. Mudah-mudahan kucing akan tetap duduk hanya dengan isyarat tangan Kamu, tetapi pastikan Kamu tetap menindaklanjutinya dengan mengatakan 'ya' dan kemudian memberikan camilan.
  9. Sekarang mereka telah mengetahui bahwa duduk akan membuat mereka mendapatkan camilan, Kamu dapat mulai melatih mereka untuk duduk sebagai respons terhadap isyarat verbal dan juga isyarat visual.
  10. Ulangi prosesnya seperti sebelumnya, namun satu detik sebelum Anda memberikan isyarat tangan seperti biasa, ucapkan kata isyarat yang Anda pilih.
  11. Ini bisa berupa kata apa pun yang Anda suka, karena kucing Anda hanya akan merespons suaranya, bukan maknanya (misalnya, Anda dapat mengatakan 'duduk' atau bahkan 'flamingo' atau 'pisang', apa pun bisa digunakan).
  12. Setelah mengulanginya beberapa kali, kucing Anda akan mulai mengasosiasikan suara tersebut dengan duduk dan mendahului isyarat tangan dengan duduk ketika Anda mengucapkan kata isyarat.
  13. Setelah kucing duduk dengan nyaman sesuai isyarat, kamu dapat mulai mengulangi proses ini sambil berdiri dengan jarak yang lebih jauh dari kucing, atau mendorongnya untuk tetap duduk dalam waktu yang lebih lama.
  14. Selama latihan, usahakan agar sesi latihan berlangsung selama maksimal tiga menit dan kemudian berikan waktu istirahat bagi kucing.
  15. Jika kamu dapat mempertahankan tiga sesi selama tiga menit setiap hari, kamu seharusnya dapat membuat kucing duduk sebagai respons terhadap isyarat verbal kamu dalam waktu tujuh hari.

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa kucing akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menguasai hal ini dibandingkan kucing lainnya, dan beberapa kucing mungkin tidak bisa sama sekali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini