5 Cara Mudah Bikin Instagram Reels Lebih Menarik

Yowan R
Selasa 23 Mei 2023, 22:19 WIB
Ilustrasi tampila IG Reels yang menarik (Sumber : your-space.in)

Ilustrasi tampila IG Reels yang menarik (Sumber : your-space.in)

LABVIRAL.COM - Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia. Instagram tak hanya digunakan sebagai media sosial untuk keperluan hiburan saja, tapi Instagram juga digunakan sebagai saran untuk mempromosikan sebuah produk.

Awalnya, Instagram hanya digunakan untuk upload foto saja, namun kini Instagram sudah bisa untuk mengunggah video. Bahkan konten video ini lebih banyak digunakan para kreator dari pada foto.

Umumnya, seluruh konten video yang diunggah pada akun Instagram akan terhitung sebagai Instagram Reels (IG Reels). Untuk memudahkan setiap penggunanya, Instagram juga menawarkan sejumlah fitur pengolahan video sederhana langsung di Instagram tanpa melalui aplikasi pihak ketiga.

Fitur editing video yang tersedia di Instagram ini mulai dari menggunakan template video IG Reels yang diunggah akun lain, menambah backsound dari kumpulan lagu di Instagram, hingga memotong beberapa scene di video.

Selain itu, Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk menambah elemen teks, stiker, jajak pendapat (polling), kolom pertanyaan untuk kui sederhana, dan masih banyak lagi.

Tapi, untuk menghasilkan konten IG Reels yang yang menarik, para pengguna tidak hanya cukup menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan Instagram. Pengguna juga harus berkreasi secara kreatif untuk menghasilkan video yang menarik ditonton.

Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk membuat Instagram Reels menjadi lebih menarik:

1. Rekam konten video di tempat yang menarik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar IG Reels menjadi lebih menarik adalah lokasi atau tempat perekaman video.

Sebab, elemen kecil ataupun besar yang terekam dalam kamera bisa diketahui oleh seluruh penonton. Selain itu, format IG Reels yang berbentuk vertikal dengan rasio 9:16 juga menuntut para kreator agar bisa memanfaatkan ruang yang terbatas agar konten IG Reels menjadi lebih menarik.

Kreator bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari untuk lighting video yang dibuat daripada menggunakan cahaya lampu agar terlihat lebih natural.

2. Tampilkan hal menarik pada awal video

Agar menarik minat para penonton video IG Reels, pastikan untuk menempatkan hal menarik pada beberapa detik di awal video. Di mana, beberapa detik konten Reels Instagram akan terputar secara otomatis tanpa harus masuk ke dalam saat pengguna scrolling feed Instagram mereka. Dengan begitu, konten video tersebut bisa membuat penasaran mereka lalu melihat Reels Instagram secara keseluruhan.

3. Lakukan pengubahan angle atau transisi pada video sebagus mungkin

Penggunaan efek transisi atau perubahan angle pada sebuah video dengan durasi yang tentu sangat disarankan untuk video yang diunggah pada IG Reels. Sebab, tanpa efek transisi video dengan durasi panjang akan membosankan ditonton.

Agar penonton tertarik untuk menonton lebih lama, sebisa mungkin untuk kreatif saat melakukan editing video seperti membuat potongan berupa transisi sederhana secara tiba-tiba pada satu klip ke klip selanjutnya.

4. Gunakan Thumbnail yang unik dan mencuri perhatian

Thumbnail atau clickbait juga berperan penting agar video pada IG Reels menjadi lebih menarik. Tak hanya pada IG Reels, Thumbnail ini juga sering digunakan para konten kreator platform lainnya seperti YouTube.

Thumbnail yang digunakan bisa berupa gambar diam atau video yang menarik sehingga para penonton nantinya akan mengetahui gambaran dari Reels yang kamu buat. Jika harus menggunakan clickbait thumbnail, pastikan sudah sesuai atau tidak jauh berbeda dari tema konten yang kamu buat di Reels Instagram.

5. Gunakan Tagar pada setiap unggahan

Tips terakhir yang juga tidak kalah pentingnya saat mengunggah video IG Reels adalah menambahkan tagar atau hashtag. Cara ini bahkan bisa dikatakan cara terampuh untuk konten yang diunggah agar dilihat banyak orang.

Sama halnya dengan konten di platform lain yang membutuhkan tagar, maka penggunaanya bisa membantu algoritma memahaminya sehingga menambah jumlah views maupun likes.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini