Adakah Risiko Bahaya Penggunaan WhatsApp Web?

Yowan R
Jumat 26 Mei 2023, 13:14 WIB
Ilustrasi pengguna WhatsApp Web (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi pengguna WhatsApp Web (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Bagi kalian yang sering menggunakan WhatsApp versi web, pasti merasa jika WhatsApp Web ini sangat mempermudah kalian untuk berkomunikasi di kala sibuk dalam pekerjaan yang wajib menggunakan komputer atau laptop dan tidak sempat membuka HP.

Meskipun WhatsApp Web ini adalah resmi buatan Meta, tapi akan tetap ada risiko keamanan dari WhatsApp Web. Seperti halnya teknologi lain pada umumnya.

Penasaran apa saja potensi bahaya dari penggunaan WhatsApp Web? Simak selengkapnya berikut ini.

Risiko bahaya penggunaan WhatsApp Web

Jika dari segi bahaya, penggunaan WhatsApp Web ini tidak berbahaya. Namun, seperti halnya dengan penggunaan internet lainnya, ada resiko keamanan yang perlu diwaspadai. Seperti, kemungkinan terjadinya pencurian data pribadi atau peretasan.

Meskipun pada dasarnya WhatsApp Web sendiri relatif aman, tapi sebagai pengguna yang bijak tetap harus mewaspadai segala kemungkinan yang bisa terjadi terkait keamanan WhatsApp. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Potensi peretasan

Saat kamu membuka WhatsApp Web, sesi chatting otomatis akan disinkronkan dengan perangkat lain.

Jika perangkat tersebut telah terinfeksi malware atau telah diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka pesan dan data pribadimu sangat berisiko tinggi bisa dicuri.

2. Potensi phishing

Phishing merupakan upaya untuk memperoleh informasi pribadi seseorang dengan menyamar sebagai entitas yang terpercaya.

Beberapa penipu dapat mengirimkan tautan palsu melalui pesan WhatsApp untuk mengarahkan target ke situs web palsu yang meminta target untuk memasukkan informasi pribadi.

3. Kemungkinan akses oleh orang lain

Jika kamu membuka WhatsApp Web di perangkat publik atau tidak terpercaya, ada kemungkinan orang lain dapat mengakses akun WhatsApp milikmu.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini