Biar Mobil Gak Cepat Rusak, 4 Komponen Penting Mobil Ini Harus Rutin Kamu Perhatikan

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 27 Mei 2023, 21:06 WIB
Biar Mobil Gak Cepat Rusak, 4 Komponen Penting Mobil Ini Harus Kamu Perhatikan (FOTO: INSTAGRAM/bengkelmobil_nganjuk)

Biar Mobil Gak Cepat Rusak, 4 Komponen Penting Mobil Ini Harus Kamu Perhatikan (FOTO: INSTAGRAM/bengkelmobil_nganjuk)

LABVIRAL.COM - Salah satu cara agar bermobilitas lebih mudah ialah dengan menggunakan mobil; gak kepanasan, gak kehujanan. Salah satu inovasi dari para produsen otomotif yakni dengan membuat mobil berbahan bakar listrik agar lebih ramah lingkungan. Meskipun sudah banyak produsen otomotif yang membuat mobil listrik, namun masih banyak juga masyarakat Indonesia yang belum mengalihkan pandangannya dari mobil konvensional.

Selain karena perawatannya yang tidak terlalu rumit dan mudah dipahami, mobil konvensional biasanya juga memiliki beragam spare part yang mudah untuk ditemukan jika mengalami kerusakan. Maka dari itu, sebelum kerusakan tersebut terjadi, kamu dapat mengecek beberapa komponen berikut. Berikut ini Labviral.com akan memberitahukan beberapa komponen mobil yang sering mengalami kerusakan. Yuk, check this out.

Baca Juga: Fitur Rem ABS pada Mobil, Ini Jajaran Komponennya

Busi

Busi merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada setiap kedaraan. Bukan hanya pada kendaraan roda empat saja, kendaraan lain pun membutuhkan busi sebagai pematik api agar mobil dapat terus bergerak. Maka dari itu, selalu cek busi mobilmu jika tak ingin tiba-tiba mogok di jalan.

Karburator

Komponen selanjutnya yakni karburator. Jika terjadi masalah pada sistem karburator mobilmu memang sangat menjengkelkan, bukan? Hal ini karena karburator memiliki beberapa komponen lain di dalamnya. Maka jika sistem karburator rusak, akan sangat merepotkan.

Jadi, kamu harus selalu mengecek sistem karburator mobilmu secara berkala agar kinerja mobilmu tetap optimal.

Baca Juga: Karburator Motor Banjir, Kamu Bisa Mengatasinya Tanpa Harus ke Bengkel

Koil

Sama seperti busi, koil merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Hal ini karena koil merupakan sistem pengapian pada mesin mobil yang dapat menaikkan tegangan aki sebesar 12 volt menjadi ribuan volt.

Nantinya, tegangan tersebut akan didistribusikan ke busi agar busi dapat memercikkan api di ruang bakar. Maka dari itu, sebelum terjadi kerusakan pada koil lalu merembet menjadi kerusakan pada komponen busi juga. Maka ada baiknya, kamu selalu melakukan pengecekan secara berkala pada koil mobilmu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini