4 Tips Merawat Rem Cakram Saat Musim Hujan, Gunakan Minyak Rem Sesuai Spesifikasi

Aci
Rabu 15 Maret 2023, 22:20 WIB
Ilustrasi Rem Cakram Motor (Sumber : Rem Cakram Motor)

Ilustrasi Rem Cakram Motor (Sumber : Rem Cakram Motor)

LABVIRAL.COM - Pada musim hujan jangan lupa untuk memastikan sistem pengereman sepeda motor berfungsi dengan baik. Keadaan jalan yang cukup ekstrim sangat penting untuk memastikan rem berfungsi dengan maksimal.

Rem sebagai salah satu alat keselamatan berkendara yang sangat vital. Rem berfungsi mengatur laju kendaraan mengurangi atau bahkan memberhentikan laju kendaraan.

Oleh sebab itu sistem pengereman harus selalu di cek kemampuannya untuk selalu berada pada level yang maksimal. Berikut Labviral.com, 4 Tips merawat rem cakram motor saat musim hujan:

1. Bersihkan Cakram Saat Setelah Berkendara Saat Hujan

Minyak rem salah satu komponen penting dalam kinerja rem cakram, apabila berkendara saat kondisi hujan setelah itu bersihkan cakram dari air hujan dengan cara yang sederhana, seperti bersihkan cakram dengan air bersih lalu gunakan Brake Cleaner.

2. Keringkan Bagian Cakram

Lap bagian-bagian cakram yang bisa dijangkau dengan kain agar kering dan bersih, pada proses tersebut keringkan putar perlahan roda sambil di lap 

Keringkan bagian-bagian yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain majun yang bersih sembari roda sedikit diputar perlahan. Bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan yang dapat mengakibatkan karat dan rem menjadi seret.

3. Perhatikan Suara Saat Proses Pengereman

Perhatian apakah ada suara yang timbul saat proses pengereman suara yang timbul pada umumnya suara mendecit yang berarti ada kotoran diantara kampas rem dengan piringan cakram.

suara yang timbul pada umumnya akan mengurangi daya cengkeram rem sehingga pengereman kurang maksimal tidak hanya  itu adanya suara gesekan yang cukup keras, merupakan ciri kampas rem yang sudah tipis. Maka untuk hal ini disarankan melakukan penggantian kampas rem.

4.  Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi.

Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi saat ini ada 2 jenis minyak yang disarankan yaitu DOT 3 & DOT 4 keduanya tidak terlalu berbeda hanya saja khusus pengguna sepeda motor dengan sistem pengereman ABS sebaiknya menggunakan spesifikasi minyak rem DOT 4 agar pengereman tetap optimal dan menjaga komponen ABS awet dan tahan lama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini