10 Tips Hindari Kebakaran Mobil, Hati-Hati Terhadap Aksesoris Kelistrikan!

Aci
Kamis 16 Maret 2023, 08:59 WIB
Ilustrasi: mobil Terbakar (Sumber : kebakaran mobil)

Ilustrasi: mobil Terbakar (Sumber : kebakaran mobil)

LABVIRAL.COM - Kecelakaan seperti kebakaran mobil sering kali terjadi, seperti kasus kecelakaan yang baru terjadi yaitu kecelakaan mobil terbakar di tol Cipularang. Musibah naas tersebut menimpa mobil SUV Chevrolet Captiva.

Sebuah mobil SUV jenis Chevrolet Captiva B 711 FH terbakar hebat di Tol Cipularang Km 86.800 Jalur A (dari Jakarta arah Bandung), Purwakarta, Minggu (21/11/2021). Beruntung, sopir dan penumpang telah lebih dulu menyelamatkan diri hingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Kebakaran mobil sering terjadi karena hubungan arus pendek listrik alias korsleting, dimana percikan apinya menyentuh permukaan yang mudah terbakar. Percikan api juga bisa timbul karena ada bahan bakar yang bocor dan menetes pada sumber panas, seperti pipa knalpot.

Tentunya sisapun tidak menginginkan musibah mobil terbakar saat sedang digunakan. Lalu bagaimana cara terhindar dari kecelakaan terbakarnya mobil saat digunakan. Berikut tips agar mobil tidak terbakar tiba-tiba:

1. Lakukan Pengecekan Teratur

Melakukan pengecekan pada mobil sebaiknya harus dilakukan rutin merawat dan memeriksa dengan rajin dapat menghindari bagian-bagian tertentu yang rusak, seperti perubahan cepat pada tingkat bahan bakar, cairan, atau suhu mesin; kabel retak, kendor atau masalah kelistrikan (termasuk sekering yang putus lebih dari sekali) kebocoran oli atau cairan hingga tutup oli tidak terpasang dengan benar.

2. Cek Ruang Mesin Mobil

Memeriksa bagian-bagian penting pada mobil sangat penting. Terkadang saat kamu sedang melakukan pembersihan mesin mobil, kain lap atau material lain tertinggal atau jatuh ke arah knalpot. Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Karena itu pastikan selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

3. Hati–hati Instalasi Listrik Aksesoris Tambahan

Jika ingin menggunakan aksesoris kelistrikan kamu harus menggunakan sking sebagai pengaman, karena kebakaran mobil sering kali terjadi karena korsleting listrik.

Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik (baterai) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan percikan api.

4. Jangan Simpan Barang Mudah Terbakar di Mobil

Berbagai barang dengan bahan aktif tertentu seperti thinner, parfum cair, hingga korek api gas dapat menimbulkan api jika berada di ruangan tertutup dengan suhu yang tinggi. Ponsel yang di-charge menggunakan power bank pun bisa memicu mobil terbakar karena panas yang ditimbulkan.

Baca Juga: Baru Paham, Ternyata Ini Fungsi Sabun Batang untuk Mobil

5. Jangan ganti headlamp atau foglamp berdaya besar

Jika menggunakan headlamp atau foglamp dengan daya yang besar karena Kapasitas watt yang lebih besar dari standar akan menyebabkan aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas yang mampu mengakibatkan kebakaran.

6. Pastikan tutup oli terpasang rapat

Kebocoran pada penutup oli dapat menyebabkan kebakaran karena saat mesin hidup, cipratan oil yang keluar dari lubang pengisian oli berpotensi menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api.

7. Jangan meninggalkan HP atau powerbank dengan posisi mengisi daya

Kita sering kali menyepelekan kabel-kabel pengisian daya, bahkan sering mengisi daya lalu kita tinggal keluar mobil sebentar. Penting hindari mengisi daya powerbank atau HP melalui soket mobil jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Pengisian daya powerbank atau HP yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan berpotensi meledak.

8. Hati-hati simpan korek api di dalam mobil

Korek api adalah benda kecil yang sering kali dibawa kemanapun seseorang pergi, khususnya kaum pria. Jangan menyimpan korek api gas dan menyimpannya di dalam kendaraan seperti di dasbor atau laci.

Kalau terjadi guncangan atau suhu di dalam mobil panas, korek api menjadi memiliki risiko mudah meledak.\

9. Jangan memarkirkan kendaraan dekat sumber api

Mobil dan motor tidak boleh diparkirkan di dekat sumber api, seperti tempat sampah atau rumput yang dibakar.

10. Menyimpan Kit Darurat dalam Mobil

Pemasangan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam kabin mobil menjadi upaya pemadam api ketika mobil terbakar. Tips terakhir adalah konsultasikan kepada dealer resmi sesuai merek mobil tentang berbagai jenis dan penempatan pemasangan APAR.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini