Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi Email di Android dengan Mudah

Yowan R
Senin 29 Mei 2023, 22:11 WIB
Ilustrasi penggunaan Gmail di HP Android (Sumber : unspalash.com/Solen Feyissa)

Ilustrasi penggunaan Gmail di HP Android (Sumber : unspalash.com/Solen Feyissa)

LABVIRAL.COM - Email sudah dipastikan bukan lagi sebagai istilah yang asing untuk kebanyakan orang di era serba digital ini. Apalagi, saat ini hampir setiap urusan yang berhubungan dengan online seperti, pekerjaan, sekolah, hingga mendaftar media sosial apapun wajib menggunakan email.

Dengan email, hampir semua aktivitas online bisa berjalan dengan lebih mudah. Seperti dalam pengiriman informasi penting, pembuatan jadwal rapat kantor, dan masih banyak lagi.

Selain itu, email uga bisa dimanfaatkan untuk menyinkronkan ponsel Android dengan platform lainnya dengan sangat mudah. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses email yang masuk kapanpun dan dimanapun.

Tapi, terkadang untuk sinkronisasi data email dengan Android mengalami masalah seperti gagal melakukan sinkronisasi. Untuk menangani sinkronisasi email di Android yang bermasalah ini cukup mudah dilakukan.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Update aplikasi Gmail

Aplikasi gmail yang tidak diupdate, ternyata bisa menimbulkan masalah, karena update aplikasi tidak hanya berkaitan dengan faktor keamanan (bug fix), bisa juga masalah kinerja.

Update Gmail bisa kamu lakukan secara langsung di aplikasi. Hal ini karena pada bagian menu Gmail memberikan pilihan untuk memeriksa versi dan kemudian menawarkan untuk melakukan update aplikasi.

Jika di bagian menu tidak terdapat tawaran untuk update aplikasi maka kamu bisa masuk ke Google Play Store kemudian melakukan update secara manual. Setelah update coba periksa apakah email sudah dapat berfungsi.

2. Restart HP

Melakukan restart HP uga menjadi salah satu cara yang sangat simple tetapi bisa menyelesaikan banyak masalah di android. Dengan melakukan restart maka seluruh sistem HP akan dimulai ulang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini