Cara Mengubah Tombol Navigasi Bar di HP Samsung menjadi Gestur Layar Penuh Mirip iPhone

Yowan R
Selasa 30 Mei 2023, 14:52 WIB
Ilustrasi bar navigasi HP Samsung (Sumber : samsung.com)

Ilustrasi bar navigasi HP Samsung (Sumber : samsung.com)

LABVIRAL.COM - Seperti halnya smartphone dengan sistem operasi Android lainnya, Samsung uga memiliki bilah (bar) navigasi bawaan. Bar navigasi ini terletak pada sisi bawah layar yang umumnya terdiri dari tiga tombol.

Mulai dari sisi paling kanan, terdapat tombol panah ke samping yang berfungsi untuk kembali ke layar sebelumnya (kembali/back), tombol tengah berbentuk kotak dengan sudut membulat berfungsi pindah ke Home (Beranda). Sementara itu, tombol di sisi paling kiri dengan ikon tiga garis (burger lines), berfungsi untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang dijalankan dan memudahkan pengguna beralih antar-aplikasi.

Meskipun memiliki fungsi yang berguna memudahkan para penggunanya, tapi sebagian pengguna smartphone samsung justru malah kurang cocok dengan adanya bar navigasi ini.

Sebab, beberapa pengguna lebih menyukai tampilan yang sederhana dan clean tanpa memerlukan ikon seperti tombol pada bar navigasi.

Karena itu, Samsung juga menawarkan opsi lainnya yaitu pengaturan tombol bar navigasi yang bisa dihilangkan agar tampilan layar terasa lebih clean dan lega.

Sebagai gantinya, tombol bar navigasi yang dihilangkan nantinya akan berubah menjadi satu garis horizontal yang terletak di tengah bawah layar. Perubahan ini membuat penggunanya dapat melakukan beberapa gestur baru untuk mengakses smartphone Samsung yang digunakannya.

Setelah bar navigasi dihilangkan, nantinya pengguna smartphone Samsung tak perlu lagi klik ikon panah ke samping untuk beralih ke halaman sebelumnya, pengguna tinggal menggeser layar ke samping (kanan/kiri) untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Sementara itu, untuk kembali ke Home, pengguna hanya perlu menggeser layar dari bawah ke atas. Terakhir, untuk beralih ke aplikasi lain, pengguna dapat menggeser dan menahan (slide and hold) layar dari bawah ke atas. Bisa juga dengan mengusap garis sebelah kiri dari atas ke bawah layar.

Gestur-gestur baru tersebut memiliki cara kerja yang mirip dengan sistem iPhone. Apple, dalam hal ini, meniadakan bilah navigasi di bawah layar dan membiarkan pengguna melakukan sejumlah gestur untuk mengakses layar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini