Viral CVT Honda PCX 160 Jebol, Apa Penyebabnya?

Yowan R
Rabu 31 Mei 2023, 17:51 WIB
Ilustrasi  CVT Honda PCX 160 yang jebol (Sumber : instagram.com/jagorawi.id)

Ilustrasi CVT Honda PCX 160 yang jebol (Sumber : instagram.com/jagorawi.id)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan CVT Honda PCX 160 yang rusak parah. Video tersebut pun viral dan mendapatkan banyak reaksi dari para netizen.

Dalam video tersebut terlihat seorang bapak-bapak yang sedang membersihkan sisa-sisa kerusakan komponen CVT Honda PCX yang nampaknya adalah bak CVT yang meleleh hingga hancur.

Banyak netizen yang memberikan komentar dan berspekulasi apa penyebab dari jebolnya CVT Honda PCX 160 dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @jagorawi.id.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jagorawi ID (@jagorawi.id)

Salah satunya adalah kerusakan pada Honda PCX 160 itu terjadi karena kesalahan dari si pengendara motor. Tak sedikit yang mengatakan tentang penyebab kerusakan pada CVT Honda PCX 160 ini karena panas yang berlebih sehingga bak CVTnya hancur.

Mengingat bak CVT pada motor matic umumnya terbuat dari alumunium, jadi tak heran saat memperoleh panas yang melebihi batas atau overheat, bak CVT menjadi terlalu lunak dan mudah hancur.

Ada kemungkinan jika terjadinya overheat pada Honda PCX ini disebabkan oleh pengendara yang tidak biasa menggunakan motor matic. Jadi, saat mereka berkendara, mereka memutar tuas gas namun handle rem tetap ditahan.

Pada kondisi seperti diatas, gesekan antara kampas ganda dengan mangkok kampas ganda tetap berlangsung, tapi sepeda motor tidak melaju seperti pada umumnya karena rem tetap tertahan dan menghasilkan panas yang sangat tinggi karena gesekan tadi.

Jadi, kerusakan parah pada bagian CVT Honda PCX 160 ini bisa dikatakan karena murni kesalahan si pengendara. Sebab, Honda sudah melakukan berbagai perhitungan terhadap ketahanan pada komponen-komponen yang mereka buat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini