Begini Cara Mengatasi Saat WhatsApp Tidak Dapat Membuka Kamera

Yowan R
Kamis 01 Juni 2023, 17:17 WIB
Ilustrasi pengguna WhatsApp (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi pengguna WhatsApp (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Seperti yang sudah diketahui, WhatsApp versi mobile dapat terhubung langsung dengan kamera smartphone. Saat pengguna WhatsApp memberikan izin akses kamera smartphone miliknya, otomatis pengguna dapat menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengambil foto, video yang bisa dibagikan langsung ke pengguna lainnya.

Selain dapat digunakan untuk mengambil foto dan video yang dibagikan ke pengguna lain, mengambil foto dan video secara langsung dari WhatsApp juga dapat digunakan untuk dibagikan ke ruang obrolan atau status (Story WhatsApp).

Meskipun dalam proses penggunaannya relatif mudah, tapi dalam kondisi tertentu kamera WhatsApp terkadang tidak dapat terbuka dengan pesan Error “tidak dapat memulai Kamera silahkan muat ulang telepon anda”. Hal ini terjadi pada semua media baik itu melalui chat, status ataupun video call.

Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan cara seperti berikut:

1. Muat ulang aplikasi WhatsApp

Cara pertama untuk mengatasi kamera WhatsApp yang tidak dapat membuka adalah muat ulang aplikasi. Untuk melakukannya, kamu cukup menutup aplikasi WhatsApp secara penuh, termasuk di latar belakang.

Setelah itu, kamu dapat membuka kembali WhatsApp dan mencoba untuk membuka kamera. Cara ini dapat menyegarkan kembali sistem pada aplikasi WhatsApp yang mungkin menimbulkan bug dalam mengakses kamera ponsel.

2. Restart HP

Jika kamera WhatsApp tetap tidak dapat membuka setelan aplikasi WhatsApp di muat ulang. Kamu bisa mengatasinya dengan cara restar HP. Langkah ini dapat menyegarkan sistem ponsel yang terkena bug dan mungkin membuat WhatsApp tidak dapat membuka kamera.

Untuk restart ulang HP, caranya masih sama dengan umumnya. Yaitu, menekan tombol power dan pilih pada opsi restart. Tunggu hingga HP mati dan hidup kembali.

3. Update aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru

Setelah mencoba kedua cara diatas tapi WhatsApp tetap tidak dapat membuka kamera, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kamera WhatsApp yang tidak dapat membuka adalah update aplikasi dengan versi terbaru.

Sebab, masalah kamera tidak dapat membuka pada WhatsApp biasanya terjadi karena versi aplikasi yang sudah tidak kompatibel dan perlu update dengan versi terbaru.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini