Cara Hentikan SMS Spam yang Menggangu di HP Android dan iPhone

Yowan R
Kamis 01 Juni 2023, 18:47 WIB
Ilustrasi SMS spam yang memiliki link Malware (Sumber : pcmag.com)

Ilustrasi SMS spam yang memiliki link Malware (Sumber : pcmag.com)

LABVIRAL.COM - Bagi kalian para pengguna Handphone (HP) , pasti tak jarang menjumpai SMS spam berupa iklan, hingga penipuan yang biasanya memiliki modus memberikan diskon atau hadiah undian.

SMS spam yang masuk pada HP ini memang sangat mengganggu. Selain itu, SMS spam yang masuk secara terus-menerus juga dapat memenuhi penyimpanan HP.

Untuk menghentikan SMS spam yang masuk terus-menerus pada HP, kamu bisa melaporkannya ke provider agar provider memblokir pengirim-pengirim SMS spam tersebut. Tapi, jika menunggu pihak provider yang memblokir pengirim SMS spam tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Meskipun demikian, untuk menghentikan SMS spam yang masuk pada HP ada cara lain yang bisa dilakukan. Tapi, langkah-langkah yang dilakukan pada cara ini akan berbeda tiap sistem operasi HP yang digunakan.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak selengkapnya dibawah ini:

1. Hentikan SMS spam di HP Android

Untuk menghentikan SMS spam di HP Android, kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan canggih untuk memfilter pesan masuk. Fitur ini terintegrasi dengan Google.

Menggunakan fitur ini cukup mudah dilakukan. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi pesan (message) bawaan di HP Android.
  • Ketuk tiga titik di pojok kanan atas (lokasi dapat bervariasi tergantung merek HP yang digunakan).
  • Pilih Spam dan Diblokir dari menu drop-down yang muncul.
  • Gulir dan klik "Perlindungan Spam".
  • Aktifkan perlindungan spam dengan saklar.

Dengan mengubah peraturannya menggunakan filter, maka otomatis Google membatasi email masuk yang ditandai sebagai spam. Sayangnya, tidak semua HP Android dapat menggunakan fitur ini. Hanya HP Android dengan sistem operasi terbaru yang memiliki fitur layanan spam dan pemblokiran.

2. Hentikan SMS spam di HP iPhone

Beda halnya dengan Android yang sudah dibekali dengan fitur layanan spam dan pemblokiran. iPhone belum dibekali dengan fitur seperti pada Android oleh pihak Apple.

Meskipun iPhone tidak memiliki fitur tersebut, tapi untuk menghentikan SMS spam yang masuk terus-menerus di HP iPhone ada cara tersendiri, yaitu dengan menyalakan fitur nonaktifkan penerimaan pesan dari nomor asing.

Sayangnya, saat fitur ini diaktifkan kamu tidak akan mendapatkan pesan dari nomor-nomor yang tidak tersimpan di HP. Termasuk pesan dari kerabat atau saudara yang baru saja mengganti nomornya.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Buka menu 'Pengaturan' bawaan di iPhone
  • Gulir dan masuk ke submenu 'Messages' atau 'Pesan'
  • Temukan opsi 'Message Filtering'
  • Geser toggle menjadi menyala pada pengaturan 'Filter Unknown Senders'.***
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini