Jangan Asal Lubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matic, Ingat Efek Negatifnya!

Yowan R
Kamis 01 Juni 2023, 19:21 WIB
Ilustrasi mangkok kampas ganda motor matic yang dilubangi (Sumber : shopee)

Ilustrasi mangkok kampas ganda motor matic yang dilubangi (Sumber : shopee)

LABVIRAL.COM - Melubangi mangkok kampas ganda motor matic memang memberikan beberapa efek positif, seperti menghilangkan gredeg pada motor matic saat akselerasi dan mampu membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

Karena, tujuan utama memberikan lubang pada mangkok kampas ganda motor matic adalah membuat kotoran yang terperangkap di dalam mangkok kampas ganda lebih mudah keluar.

Ilustrasi mangkok kampas ganda standar Honda Vario 125, tidak memiliki banyak lubangIlustrasi mangkok kampas ganda standar Honda Vario 125, tidak memiliki banyak lubang (Sumber: shopee)

Kotoran yang terperangkap pada mangkok kampas ganda motor matic inilah yang sering membuat motor matic menjadi gredek, selip dan tarikan tidak responsif.

Meskipun terbukti memberikan efek positif pada motor matic, melubangi mangkok kampas ganda motor matic juga dapat menimbulkan efek negatif.

Efek negatif ini akan muncul saat lubang yang diberikan pada mangkok kampas ganda ini posisi, ukuran dan jumlahnya tidak tepat. Efeknya, mangkok kampas ganda malah menjadi goyang, karena bobot kampas ganda tidak seimbang.

Ilustrasi kampas ganda motor matic racing produk aftermarketIlustrasi kampas ganda motor matic racing produk aftermarket (Sumber: shopee)

Hal ini terjadi karena, pabrikan telah memperhitungkan sedemikian rupa mangkok kampas ganda motor matic, mulai dari bobot pada setiap sisinya hingga titik tengah mangkok kampas ganda.

Nah, saat mangkok kampas ganda ini diberikan lubang dengan cara dibubut atau dibor. Bobot setiap sisinya tidak terjamin akan sama. Inilah yang mengakibatkan mangkok kampas ganda menjadi goyang dan bikin motor menjadi gredek.

Selain menimbulkan efek negatif seperti yang sudah dijelaskan diatas, melubangi mangkok kampas ganda juga memiliki risiko lainnya. Mangkok kampas ganda yang dilubangi secara asal-asalan tanpa menggunakan perhitungan akan membuat mangkok kampas ganda menjadi pecah.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk melubangi mangkok kampas ganda motor matic milikmu, kamu perlu tahu apa saja efek negatif yang dapat ditimbulkan.

Sebaiknya gunakan kampas ganda produk aftermarket saja seperti produk racing, dari pada harus melubangi kampas ganda bawaan motor.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini