Apa Sih Penyebab Aplikasi Tidak Berfungsi dengan Baik di HP Android?

Yowan R
Jumat 02 Juni 2023, 13:18 WIB
Ilustrasi aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik di HP Android (Sumber : stackoverflow)

Ilustrasi aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik di HP Android (Sumber : stackoverflow)

LABVIRAL.COM - Secanggih apapun smartphone Android, seiring dengan pemakaiannya pasti akan mengalami kerusakan, lag, bootlop, atau aplikasi error sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Aplikasi yang error atau tidak bisa berfungsi dengan baik pada sistem HP Android tentu saja sangat membuat jengkel penggunanya. Terlebih saat aplikasi dibutuhkan untuk keperluan penting.

Lalu apa saja penyebab yang paling umum terjadi saat aplikasi tidak berfungsi di sistem HP Android? Berikut ulasannya:

1. RAM penuh

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data dalam jangka pendek, RAM juga berfungsi untuk mempercepat perputaran atau running data di dalam sistem HP Android.

Karena itu, saat memori RAM penuh, aplikasi pada HP Android menjadi tidak berfungsi dengan baik. Aplikasi yang biasanya dapat dibuka dengan mudah, saat RAM penuh aplikasi tersebut menjadi membutuhkan waktu yang lama untuk dibuka. Bahkan bukan hal mustahil aplikasi akan force close atau keluar sendiri.

2. Koneksi internet buruk

Penyebab lain aplikasi pada HP Android tidak berfungsi dengan baik adalah koneksi internet yang buruk. Contoh aplikasi yang tidak bisa berfungsi dengan baik saat koneksi internet buruk adalah aplikasi sosial media, aplikasi pesan singkat, e-commerce, mobile banking dan beberapa aplikasi lainnya.

Koneksi internet yang buruk akan menghambat proses pemuatan data pada aplikasi-aplikasi online seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Aplikasi tidak di-update

Aplikasi yang jarang di-update atau malah sama sekali tidak pernah di-update dalam jangka waktu yang lama juga berisiko mengakibatkan aplikasi tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebab, data-data aplikasi yang seharusnya sudah diperbaharui masih sama sehingga membuat aplikasi tidak dapat berfungsi.

Selain itu, aplikasi yang tidak di-update juga memiliki keamanan yang buruk dan berisiko tinggi terkena serangan malware dsb. Update atau pembaruan aplikasi berguna untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi bug yang membuat kinerja aplikasi menjadi lebih baik.

4. Sistem operasi Android tidak diperbaharui

Tak sedikit aplikasi Android yang membutuhkan sistem operasi dengan versi yang terbaru untuk bisa mengaksesnya. Saat aplikasi tidak berfungsi dengan baik, ada kemungkinan penyebabnya karena sistem operasi Android yang tidak support karena tidak diperbaharui.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini