Cara Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Daya Baterai HP Jadi Lebih Cepat!

Yowan R
Jumat 02 Juni 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi pengisian daya HP Android (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi pengisian daya HP Android (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Bagi Handphone yang sudah mendukung fitur fast charging, mengisi daya baterainya mungkin tidak membutuhkan waktu yang lama hingga berjam-jam.

Tapi, bagi HP yang belum support atau belum memiliki fitur tersebut, mengisi daya baterai tentu saja membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, untuk mengisi daya dari nol perseng hingga 100 persen tidak hanya cukup dalam waktu satu atau dua jam.

Terlebih saat ini kebanyakan HP sudah menggunakan baterai dengan kapasitas besar mulai dari 4.000 mAh hingga 5.000 mAh atau bahkan bisa lebih.

Meskipun demikian, bukan berarti HP yang belum memiliki fitur fast charging ini pengisian dayanya selalu memakan waktu yang lama. Sebab, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pengisian daya baterai HP jadi lebih cepat.

Penasaran apa saja cara tersebut? Langsung saja, simak selengkapnya dibawah ini.

1. Gunakan charger original

Hampir sebagian besar pabrikan HP memasarkan produknya satu paket dengan adapter charger dan kabel data sebagai bundling dalam satu kotak HP. Meskipun saat ini beberapa pabrikan HP sudah tidak memberikan adapter charger dan kabel pada penjualan mereka.

Nah, charger bawaan atau charger original HP ini ternyata sangat membantu untuk mengisi daya HP lebih cepat. Usahakan selalu melakukan pengisian daya menggunakan charger original, karena spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kemampuan HP sendiri.

2. Gunakan mode airplane

Jika sudah menggunakan charger original namun pengisian daya baterai masih dirasa kurang cepat, kamu bisa mengakalinya dengan mengaktifkan mode airplane.

Dengan mengaktifkan mode airplane ini diharapkan bisa mematikan beberapa fitur dalam HP sehingga akan lebih fokus mengisi daya baterai dari pada untuk mengakses program lain di dalamnya.

Karena, fitur airplane ini akan menonaktifkan seluruh program HP yang mengkonsumsi atau menggunakan data seluler yang sudah jelas mengkonsumsi banyak daya listrik saat aktif.

3. Matikan HP

Mematikan HP saat melakukan pengisian daya juga dapat mempercepat proses pengisian daya. Meskipun dengan cara ini kamu bisa melewatkan beberapa pesan atau pemberitahuan, tapi cara ini adalah cara paling ampuh untuk mengisi daya HP jadi lebih cepat.

4. Gunakan mode hemat daya

Menggunakan mode hemat daya juga bisa kamu gunakan agar pengisian daya HP jadi lebih cepat. Sebab, saat mode hemat daya aktif akan membatasi kecerahan layar, fungsi CPU, dan penggunaan data di ponsel.

5. Menggunakan charger dengan output lebih tinggi

Umumnya, charger bawaan HP yang belum support fast charging memiliki output daya 10 Watt. Nah, agar pengisian daya lebih cepat dari biasanya, kamu bisa menggunakan charger dengan output yang lebih tinggi dari bawaannya.

Kamu bisa menggunakan charger dengan output 18 Watt hingga maksimal 20 Watt saja. Hindari menggunakan charger dengan output lebih dari 20 Watt pada HP yang belum memiliki fitur fast charging. Karena, charger dengan output yang terlalu besar justru berisiko merusak komponen mesin HP dan baterai HP akibat kelebihan muatan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini