Jaga Performa Tetap Optimal, Ketahui Perawatan Wajib untuk Mobil Hybrid

Yusuf Tirtayasa
Jumat 02 Juni 2023, 19:15 WIB
Ilustrasi-Mobil-Listrik hybrid (Sumber : Envato)

Ilustrasi-Mobil-Listrik hybrid (Sumber : Envato)

LABVIRAL.COM - Selain mobil listrik, mobil hybrid kerap jadi pilihan bagi yang ingin beralih ke kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan ketimbang mobil konvensi. Seperti namanya, mobil hybrid menggunakan dua sumber tenaga, yakni tenaga mesin konvensional dan tenaga listrik sebagai penggeraknya.

Layaknya mobil pada umumnya, mobil hybrid juga membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga performanya agar tetap optimal. Perawatan ringan seperti ganti oli, ganti air radiator, dan pengecekan kondisi aki tetap harus menjadi prioritas utama yang wajib diperhatikan. 

Selain perawatan tersebut, masih ada beberapa perawatan lainnya yang wajib diperhatikan. Melansir dari laman Nissan Indonesia, perawatan mobil hybrid wajib dilakukan agar tetap awet dan tahan lama.

Baca Juga: Intip Spesifikasi dan Harga Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota di Indonesia

Jangan Cuci Mesin Mobil Hybrid Sembarangan

Bagi para pemilik mobil hybrid ada satu hal yang patut untuk diperhatikan, yakni jangan pernah mencuci mesin mobil secara sembarangan. Mencuci mesin mobil hybrid secara sembarangan berpotensi menimbulkan kerusakan pada bagian mesin. 

Hal tersebut bisa terjadi karena air yang digunakan untuk mencuci akan menimbulkan gangguan pada komponen yang ada di dalam mesin. Pastikan untuk mencuci bagian mesin secara hati-hati dan teliti agar tak terjadi kerusakan.

Periksa Sistem Pendingin Mobil Secara Berkala

Mobil hybrid juga menggunakan radiator sebagai sistem pendingin mesin mobil. Radiator adalah salah satu komponen mesin terpenting yang ada pada mobil hybrid. Pastikan kamu mengawasi selalu cairan pendingin yang ada di dalam radiator dan jangan ragu untuk melakukan pengisian ulang ketika dibutuhkan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini