4 Cara Melewati Polisi Tidur Pakai Motor Matic Supaya Tetap Aman

Yusuf Tirtayasa
Minggu 04 Juni 2023, 23:37 WIB
Trik Pengereman Motor Matic yang Benar, Biar Gak Jatuh dan Cium Tanah Air (FOTO: Federaloil.co.id)

Trik Pengereman Motor Matic yang Benar, Biar Gak Jatuh dan Cium Tanah Air (FOTO: Federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Supaya pengalaman berkendara  menggunakan sepeda motor matic tetap aman dan nyaman, tentu tidak boleh berkendara sembarangan. Apalagi kondisi jalan yang dilalui berbeda-beda, seperti ketika melewati polisi tidur.

Tidak sedikit yang berpikir kalau polisi tidur bukanlah halangan yang berarti di jalan. Namun, jika tidak berhati-hati, polisi tidur berpotensi menyebabkan suspensi rusak hingga membuat pengendara jatuh terpental dari motor.

Agar bisa melewati polisi tidur dengan aman dan nyaman, ada cara yang bisa kamu lakukan. Melansir dari laman Wahana Honda, berikut cara tepat melewati polisi tidur menggunakan motor matic.

1. Berkendara dengan kecepatan standar

Saat akan melewati jalanan yang ada polisi tidur, pastikan kamu berkendara dengan kecepatan standar. Pastikan juga bahwa kamu tetap dalam kondisi tenang dan berkendara dengan kecepatan seperti biasanya. Jangan terlalu cepat juga jangan terlalu lambat.

Setelah hampir mencapai lokasi polisi tidur, perlahan mulailah tarik tuas rem, tapi jangan sampai membuat kendaraan tersebut berhenti total. Tujuan dari melakukan pengereman beberapa meter sebelum melewati polisi tidur ini adalah mengurangi kecepatan berkendara secara berkala.

Selain itu, motor yang bergerak pelan ke arah polisi tidur juga tidak akan mengalami benturan keras saat melewatinya. Hal ini tentu akan sangat baik bagi kondisi komponen motor yang lain. 

Baca Juga: 4 Penyakit yang Biasa Muncul Pada Motor Matic

Pasalnya, seringkali orang melewati polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan berkendara mereka. Akibatnya, benturan yang terjadi antara polisi tidur dengan ban motor pun akan sangat keras. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada bagian suspensi, juga dapat memicu efek domino pada komponen lain jika hal ini dilakukan terus menerus.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini