7 Langkah Aman Simpan File Skripsi di Laptop Agar Tidak Hilang, Nomor 3 Sering Disepelekan

Yusuf Tirtayasa
Rabu 07 Juni 2023, 21:08 WIB
Ilustrasi laptop yang mengalami black screen (Sumber : dell.com)

Ilustrasi laptop yang mengalami black screen (Sumber : dell.com)

LABVIRAL.COM - Skripsi adalah salah satu tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi biasanya membutuhkan banyak data dan dokumen yang harus disimpan dengan baik di laptop.  

Namun, bagaimana jika data dan dokumen tersebut hilang atau rusak karena kesalahan teknis atau faktor lainnya? Hal ini tentu akan sangat menyebalkan dan membuat stres, apalagi jika skripsi sudah hampir selesai.  

Seperti peristiwa yang diceritakan akun TikTok @nininiiisaakim , dia mengaku semua bahan skripsi yang telah dikerjakannya selama ini hilang di laptop. Padahal tugas akhirnya itu sudah hampir selesai dikerjakan. 

Dalam video yang dibagikan di akun TikTok pribadinya, wanita itu menangis kejer. Dia memperlihatkan layar laptop yang berisi layar dokumen kosong. 

Baca Juga: Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak dan Cara Mengatasinya

Kasus seperti ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara mengelola atau menyimpan bahan skripsi di laptop dengan baik dan aman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menghindari kehilangan atau kerusakan data skripsi di laptop

1. Buat folder khusus untuk bahan skripsi  

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merapikan data-data dengan membuat folder khusus untuk menyimpan semua bahan skripsi, seperti dokumen, gambar, tabel, grafik, referensi, dan lainnya. Beri nama folder tersebut dengan judul skripsi atau nama mahasiswa agar mudah ditemukan dan dibedakan dengan folder lainnya. 

2. Susun file-file dalam folder secara rapi  

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini