Segera Uninstall! Aplikasi Perekam Layar iRecorder Mata-matai Pengguna Setiap Saat

Yusuf Tirtayasa
Rabu 07 Juni 2023, 23:45 WIB
Ilustrasi Malware

Ilustrasi Malware

LABVIRAL.COM - Sebuah aplikasi perekam layar Android yang populer dan telah diunduh puluhan ribu kali di Google Play ternyata diam-diam mengintip penggunanya, termasuk dengan mencuri rekaman mikrofon dan dokumen lainnya dari ponsel pengguna.  

Hal ini diungkap oleh sebuah perusahaan keamanan siber bernama ESET

ESET menemukan bahwa aplikasi Android bernama “iRecorder — Screen Recorder” memasukkan kode jahat sebagai pembaruan aplikasi hampir setahun setelah pertama kali terdaftar di Google Play.  

Kode tersebut, menurut ESET, memungkinkan aplikasi tersebut untuk secara diam-diam mengunggah satu menit audio dari mikrofon perangkat setiap 15 menit, serta mengambil dokumen, halaman web, dan file media dari ponsel pengguna ke server yang dikendalikan oleh operator malware. 

Aplikasi ini ada di Google Play. Jika Anda telah menginstal aplikasi ini, Anda harus menghapusnya dari perangkat Anda.  

Saat aplikasi jahat ini ditarik dari toko aplikasi, ia telah mengumpulkan lebih dari 50.000 unduhan.  

Baca Juga: Ketahui Soal Malware dan Gejalanya Saat Smartphone Android Kamu Terinfeksi

ESET menyebut kode jahat ini AhRat, sebuah versi kustom dari trojan akses jarak jauh sumber terbuka yang disebut AhMyth. Trojan akses jarak jauh (atau RAT) memanfaatkan akses luas ke perangkat korban dan sering kali mencakup kontrol jarak jauh, tetapi juga berfungsi mirip dengan spyware dan keylogger. 

Dilansir Tech Crunch, Rabu (31/5/2023), Lukas Stefanko, seorang peneliti keamanan di ESET yang menemukan malware tersebut, mengatakan bahwa aplikasi iRecorder tidak mengandung fitur jahat saat pertama kali diluncurkan pada September 2021.  

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini