Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Ban Kempes pada Sepeda Motor

Yusuf Tirtayasa
Kamis 08 Juni 2023, 22:11 WIB
Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Matik dan Motor Bebek Itu Gak Sama Loh! (FOTO: Wahanahonda.com)

Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Matik dan Motor Bebek Itu Gak Sama Loh! (FOTO: Wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain praktis dan ekonomis, sepeda motor dianggap praktis dalam menyelinap di jalur kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di perkotaan.  

Namun, sepeda motor juga memiliki beberapa masalah teknis yang sering ditemui oleh penggunanya, baik dari segi mesin, kelistrikan, maupun komponen lainnya. Salah satu masalah teknis yang sering ditemui pada kendaraan bermotor roda dua yakni ban kempes.

Ban kempes adalah kondisi di mana ban sepeda motor kehilangan tekanan angin sehingga menjadi lembek dan tidak dapat menopang beban kendaraan.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Dampak Ban Motor Kekurangan Angin

Ban kempes dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tekanan angin ban yang kurang atau berlebihan dan usia ban yang sudah tua atau aus. Juga adanya benda tajam seperti paku atau kaca yang menancap di ban, serta kondisi jalan yang rusak atau berlubang. 

Cara mencegah ban kempes adalah dengan selalu mengecek tekanan angin ban secara rutin dan menyesuaikan dengan beban serta kecepatan berkendara.

Juga mengganti ban jika sudah tua atau aus, menghindari benda tajam yang dapat menancap di ban dan berhati-hati saat melewati jalan yang rusak atau berlubang.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini