Bill Gates Soroti Dampak Teknologi AI di Masa Depan

Yusuf Tirtayasa
Jumat 09 Juni 2023, 20:49 WIB
Ilustrasi Artificial Intelligent (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Artificial Intelligent (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Seperti kita ketahui, kemajuan Artificial Intelligence (AI) semakin cepat beberapa tahun belakangan. Sehingga, teknologi AI dianggap meresahkan bagi banyak orang karena dapat mengambil alih pekerjaan.

Bahkan, salah satu pemilik perusahaan terkemuka, Bill Gates pun ikut menyoroti potensi dampak besar teknologi AI bagi beberapa perusahaan. Karena, tak bisa dipungkiri beberapa perusahaan dapat ikut terkena dampak dari teknologi canggih tersebut dimasa depan.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, salah satu pendiri Microsoft tersebut menjelaskan bahwa AI akan membuat banyak pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh manusia nantinya berjalan secara otomatis. 

Baca Juga: Cara Mudah Balas Gmail dengan Teknologi AI Google

Bahkan, menurutnya aplikasi atau perangkat AI yang bekerja untuk melayani manusia bakal dapat menandingi fungsi Google Search dan Amazon. Dengan kecanggihannya, kecerdasan buatan ini mampu memahami kebutuhan dan kebiasaan pengguna.

Hal tersebut memungkinkan AI membantu segala hal yang dibutuhkan manusia, mulai dari mencari informasi hingga melakukan transaksi online. Kendati demikian, ia pun meyakini kalau AI akan menciptakan pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus, mengutip Gizmochina, Kamis (25/5/2023). 

Pendapat Bill Gates ini juga didukung oleh studi terbaru dari McKinsey Global Institute. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 2030 mendatang, 800 juta pekerjaan manusia dapat hilang akibat otomatisasi. Namun kabar baiknya, studi tersebut pun menemukan bahwa teknologi ini dapat menciptakan 950 juta lapangan pekerjaan baru dalam periode waktu yang sama.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini