Pentingnya Jaga Kesehatan Motor, Ini Ciri Kiprok Sudah Mulai Rusak

Yusuf Tirtayasa
Senin 12 Juni 2023, 20:22 WIB
Ilustrasi penggunaan klakson keong di sepeda motor (Sumber : Youtube/ Fauzan Project Creative)

Ilustrasi penggunaan klakson keong di sepeda motor (Sumber : Youtube/ Fauzan Project Creative)

LABVIRAL.COM - Menjaga kesehatan kendaraan motor adalah hal wajib yang perlu dilakukan bagi pengendara. Karena, motor yang tidak terjaga kesehatannya akan membahayakan di jalan. Rajin mengganti oli sebulan sekali, hingga service rutin telah menjadi rutinitas yang mesti dilakukan. Selain itu, memperhatikan kiprok motor juga tak kalah penting, lho.

Karena, kiprok berfungsi menstabilkan arus dan tegangan yang mengalir dan selanjutnya dialihkan ke aki. Jika arus terlalu besar mengalir ke aki bisa terjadi kondisi over change dan mempersingkat usia aki. Kiprok yang sudah rusak harus diganti dan karena menimbulkan masalah kelistrikan sepeda motor. Berikut cara mendeteksi kiprok rusak:

Lampu beberapa kali mati

Pernahkah Anda mengalami gonta ganti lampu dalam jangka waktu yang cukup pendek. Nah, ini bisa jadi pertanda kalau kiprok sudah mulai rusak.
Selain itu, lampu mati ketika motor melaju cepat juga bisa jadi salah satu pertandanya. Karena, pada saat kecepatan tinggi, kiprok tidak bisa membatasi tegangan masuk ke bagian lampu.

Aki cepat habis

Aki yang cepat habis juga bisa menjadi salah satu penyebab kiprok Anda rusak. Namun, gejala ini bisa Anda kenali saat sebelum motor dijalankan.
Saat komponen kelistrikan ini rusak, input listrik tidak bisa menutup kelistrikan motor secara sempurna. Berbeda saat dalam kondisi baik, tegangan baterai stabil dalam angka 12 Volt.

Dampak yang ditimbulkan mengakibatkan listrik dalam baterai terkuras. Selain itu, aki menjadi drop. Hal ini terjadi jika terdapat tanda bahwa starter motor mati dan klakson bersuara seperti sember. Bukan saja kondisi aki yang menjadikan tekor, tetapi gejala ini bisa terjadi akibat kiprok yang rusak.

Baca Juga: Cara Skir Klep Sepeda Motor dengan Alat Manual yang Benar

Oleh karena itu, Anda tidak perlu tergesa-gesa mengganti aki motor. Sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu baterai kiprok tidak sedang mengalami drop.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini