Bikin Lemot, Begini Cara Membersihkan File Others di Laptop Kamu

Yowan R
Rabu 14 Juni 2023, 20:13 WIB
Ilustrasi pengguna laptop yang kesal karena laptop yang digunakan lemot (Sumber : unsplash.com)

Ilustrasi pengguna laptop yang kesal karena laptop yang digunakan lemot (Sumber : unsplash.com)

LABVIRAL.COM - Kinerja laptop yang tiba-tiba lemot bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah ‘file others’ yang menumpuk terlalu banyak dan tidak jelas fungsinya.

File others yang menumpuk terlalu banyak, akan membuat memori penyimpanan laptop berkurang, dan membuat laptop menjadi lebih cepat panas sehingga memperlambat kinerja laptop. Lebih parahnya lagi, terkadang file others tersebut sulit sekali untuk dihilangkan.

Karena itu, kali ini Labviral.com akan membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan file others di laptop. Penasaran seperti apa caranya? Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Identifikasi file others

Sebelum memutuskan untuk menghapus file others yang tersimpan di laptop, kamu perlu mengidentifikasinya terlebih dahulu. Identifikasi ini diperlukan untuk memilah mana file others yang penting dan tidak.

File-file tersebut biasanya berisi instalasi program yang gagal, file temporary dan duplikat, hingga dokumen yang kamu tidak ingat dibuat oleh siapa dan kapan.

Untuk menghapus file others, kamu bisa melakukannya dengan pencarian menggunakan nama file, ukuran file, atau tanggal pembuatan file. Pastikan file yang akan dihapus bukan dokumen penting yang memang diperlukan oleh komputer. Kemudian, hapus file-file tersebut.

2. Hapus file others menggunakan aplikasi cleaner

Umumnya untuk menghapus file others di laptop, kamu akan melakukannya satu per satu agar file-file yang diperlukan sistem tidak ikut terhapus.

Agar kamu tidak repot menghapusnya satu per satu, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pembersih. Aplikasi tersebut akan memindai folder di komputer dan menampilkan file-file yang tidak diperlukan.

Contoh aplikasi-aplikasi cleaner yang biasa digunakan adalah CCleaner, AVG PC Tuneup, dan BleachBit.

3. Gunakan fitur Clean Up Recommendation

Bagi kalian yang menggunakan perangkat Windows, untuk menghilangkan file-file tidak digunakana kamu bisa menggunakan fitur Clean Up Recommendation dengan cara berikut:

  • Klik tombol 'Start'.
  • Masuk ke 'Setting'.
  • Pilih 'System'.
  • Klik 'Storage'.
  • Pilih opsi 'Cleanup recommendations'.
  • Pilih file yang ingin dihapus dan klik tombol 'Clean up' untuk mulai pembersihan.

Pada langkah keempat, juga ada opsi 'Storage Sense'. Dengan menyalakan fitur ini, maka Windows akan menghapus unnecessary files secara otomatis.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini