Syarat Dapat Uang dari YouTube Terbaru Lebih Mudah, Begini Penjelasannya

Yowan R
Kamis 15 Juni 2023, 17:24 WIB
Ilustrasi YouTube (Sumber : theverge.com)

Ilustrasi YouTube (Sumber : theverge.com)

LABVIRAL.COM - Di era serba digital ini, untuk menghasilkan uang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk dengan membuat konten dan mengunggahnya di berbagai media sosial.

Salah satu cara yang ramai digunakan banyak orang untuk menghasilkan uang secara online adalah upload video melalui YouTube. Meskipun sebagian besar orang menganggap mendapatkan uang melalui YouTube ini rumit dan prosesnya lama. Namun, pada kenyataanya sudah banyak orang yang mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Karena itu, pada artikel kali ini Labviral.com akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang melalui YouTube beserta syarat-syaratnya.

Seperti dikutip dari laman Support Google, dinyatakan bahawa pengguna bisa menghasilkan uang dari Youtube dengan mendaftar dan diterima dalam Program Partner Youtube. Tanpa ikut program tersebut, pengguna juga bisa menjadi bagian Pendanaan Youtube Shorts sebagai bagian menerima bonus dari Shorts.

Google memiliki lima cara untuk menghasilkan uang di Program Partner Youtube. Ada pendapatan iklan, langganan channel, galeri merchandise, super chat & super stickers, dan pendapatan Youtube Premium.

Nah, belum lama ini, YouTube baru saja menurunkan kriteria untuk para kreator yang ingin memonetisasi konten videonya di YouTube.

Dalam pengumumannya, YouTube mengatakan akan menurunkan persyaratan bagi kreator yang ingin bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP).

Syarat Dapat Uang dari YouTube

YouTube mengatakan syarat baru bagi kreator yang ingin bergabung ke YPP adalah memiliki 500 subscriber, mengunggah tiga video publik dalam 90 hari terakhir, dan memiliki 3.000 jam waktu tonton publik dalam setahun terakhir atau tiga juta tontonan untuk Shorts dalam 90 hari terakhir.

Sedangkan untuk syarat sebelumnya yang ditetapkan Google adalah memiliki setidaknya 1.000 subscriber, dan memiliki 4.000 jam waktu tonton publik dalam setahun terakhir atau 10 juta tontonan untuk Shorts dalam 90 hari terakhir.

Setelah bergabung dengan YPP, para konten kreator dapat mengakses sejumlah fitur yang bisa mendatangkan uang dari berbagai konten termasuk Super Thanks, Super Chat, Super Stickers, dan keanggotaan channel. Para konten kreator juga bisa mempromosikan merchandise-nya melalui fitur belanja YouTube Shopping.

Untuk saat ini kriteria YPP yang lebih rendah baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Taiwan, dan Korea Selatan. YouTube juga akan memperluas syarat baru ini ke lebih banyak negara di mana program YPP tersedia.

Meski langkah untuk mendapatkan uang dari konten YouTube jadi lebih mudah, para konten kreator yang ingin menerima pembagian keuntungan dari iklan dan YouTube Premium harus tetap memperluas audiensnya.

YouTube mengatakan kriteria untuk mendapatkan pembagian keuntungan dari iklan masih mengikuti syarat YPP yang ada untuk saat ini. Tapi kreator tidak perlu mendaftar ulang jika sudah mencapai ketentuan yang dibutuhkan, seperti dikutip dari The Verge, Kamis, 15 Juni 2023.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini