Aplikasi Apple Khusus Musik Klasik Telah Resmi Diluncurkan untuk Pengguna Android

Yusuf Tirtayasa
Jumat 16 Juni 2023, 08:45 WIB
Ilustrasi Apple (Sumber : depositphotos)

Ilustrasi Apple (Sumber : depositphotos)

LABVIRAL.COM - Penggemar musik kini bisa lebih berbahagia, karena Aplikasi Apple Music khusus musik klasik kini telah resmi diluncurkan untuk pengguna Android. Terlebih, sekarang aplikasi tersebut sudah terjangkau bagi semua kalangan.

Diketahui, aplikasi tersebut mulai dirilis pada bulan Maret lalu. Ini diluncurkan hampir bersamaan dengan peluncuran iPhone. Sementara, aplikasi utama Apple Music sudah ada di Android sejak 2015.

Apple Music Classical memang berdiri sendiri dari aplikasi utama Apple Music. Mereka memiliki banyak kesamaan, namun juga hadir dengan navigasi, font, dan penanganan metadata yang berbeda untuk memudahkan pencarian.

Namun, dikutip dari Engadget, Jumat (2/6/2023), diketahui versi Android Apple Music Classical, dirilis sebelum versi iPad dan iMac-nya. Selain itu, 9to5mac melaporkan, ini berarti Apple merilis aplikasi tersebut di platform saingannya, sebelum menyempurnakan ekosistem di perangkat kerasnya sendiri.

Baca Juga: Apple Hadirkan Fitur AI Baru, Bisa Tiru Suara Penggunanya

Versi Android Apple Music Classical membutuhkan Android 9 atau yang lebih baru. Aplikasi ini juga sudah hadir "di seluruh dunia di mana Apple Music ditawarkan", kecuali China, Jepang, Korea, Rusia, dan Taiwan.

Meski dirilis sebagai aplikasi mandiri, akses ke Apple Music Classical juga akan disertakan bersama dengan langganan Apple Music biasa.

"Apple Music Classical mempercepat dan memudahkan menemukan rekaman apa pun di katalog musik klasik terbesar di dunia dengan pencarian yang dioptimalkan sepenuhnya," tulis Apple dalam siaran persnya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini