Pengguna Perlu Tau! Intel Akan Suntik Mati Prosesor Ini

Yusuf Tirtayasa
Jumat 16 Juni 2023, 18:11 WIB
Ilustrasi prosesor (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi prosesor (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Intel dikabarkan akan memberhentikan produksi prosesor Core generasi ke-11. Beberapa prosesor yang biasa disebut Tiger Lake tersebut antara lain adalah i3-1115G4, Core i5-1130G7, dan Core i7-1165G7.

Meski demikian, ini bukan pertamakali Intel melakukan hal tersebut. Karena, pada April lalu Intel sudah mensetop produksi beberapa varian Tiger Lake. Sehingga, kali ini perusahaan hanya menghentikan produksi sisa varian dari generasi ke-11 tersebut.
Namun, Intel menyatakan masih menerima pesanan prosesor gen-11 hingga 27 Oktober 2023 mendatang.

Pesanan terakhir akan dikirimkan perusahaan pada 29 Desember 2023 dan 28 Juni 2024. Seperti diketahui, Tiger Lake merupakan chip dengan arsitektur 10 nm dari Intel yang dirilis Mei 2021. Prosesor ini awalnya ditujukan terutama untuk laptop. Namun karena persaingan ketat dari AMD Ryzen 4000 (Renoir), Intel kemudian meluncurkan 65W B-series yang memungkinkan klien memasang prosesor Tiger Lake ke sistem desktop.

Bagi Intel maupun perusahaan teknologi lainnya, sudah menjadi tradisi untuk menyetop produksi produk lawas, terutama jelang peluncuran produk baru.
Dengan disetopnya jajaran prosesor gen-11, rangkaian katalog Intel Core yang tersisa antara lain Core gen-12 (Alder Lake) dan Core gen-13 yang memiliki kode nama Raptor Lake.

Baca Juga: Bocoran Deretan Spesifikasi Poco F5 Pro, Ada Teknologi Wireless Charging dan Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1

Intel juga disebut sudah menyiapkan prosesor generasi baru dengan kode nama Meteor Lake. Prosesor ini konon sudah siap sejak akhir tahun 2022. CEO Intel, Pat Gelsinger berkata bahwa prosesor Meteor Lake bakal dilengkapi dengan AI logic khusus, sebagaimana dihimpun dari PCWorld, Rabu (7/6/2023).
Perusahaan semikonduktor ini memang belum mengungkapkan tanggal peluncuran prosesor Meteor Lake gen-14. Namun menurut roadmap perusahaan, prosesor tersebut bakal dirilis tahun ini.

Menurut rumor yang bersumber dari Youtuber Moore’s Law Is Dead menyebutkan bahwa prosesor anyar Intel itu bakal diperkenalkan pada Oktober 2023.
Konon prosesor dengan kode nama Meteor Lake itu bakal hadir dengan 14 inti (core) yang dibagi menjadi enam inti pendukung performa dan delapan inti penunjang efisiensi.

Prosesor ini juga disebut-sebut bakal mendukung DDR5 dan LPDDR5 serta PCIe 5.0. Saat peluncurannya, Intel juga diprediksi akan menyetop dukungan DDR4.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini