Di Balik Popularitasnya, Tak Banyak Orang Amerika yang Gunakan ChatGPT

Yusuf Tirtayasa
Sabtu 17 Juni 2023, 12:14 WIB
Tampilan pembuka laman ChatGPT (Sumber : ChatGPT)

Tampilan pembuka laman ChatGPT (Sumber : ChatGPT)

LABVIRAL.COM - ChatGPT memang saat ini tengah menjadi perbincangan banyak orang di berbagai negara. Terlebih, ini merupakan suatu terobosan baru dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Di balik popularitasnya, ternyata tak banyak yang menggunakan ChatGPT di Amerika Serikat (AS). Ini dibuktikan berdasarkan survei terbaru dsri lembaga riset Pew Research Center.

Pew Research Center melakukan survei kepada 10.000 orang Amerika soal ChatGPT. Hasilnya, 6 dari 10 partisipan (sekitar 58 persen) mengaku familiar atau mengetahui soal chatbot AI bikinan OpenAI itu. Namun, hanya 1 dari 10 partisipan (sekitar 14 persen) yang pernah menggunakan ChatGPT.

Baca Juga: Cara Download ChatGPT di Android dan Langkah Mudah Instal

Dari angka tersebut, tak berlebihian bila ChatGPT disebut tak banyak digunakan oleh warga AS. Survei Pew Research Center ini juga mengungkap beberapa temuan lain soal warga AS dan ChatGPT.

Misalnya, secara umum, 18 persen orang dewasa AS yang disurvei mengatakan bahwa mereka mendengar banyak tentang ChatGPT, 39 persen mengatakan kurang akrab dengan ChatGPT, dan 42 persen menjawab mereka tidak tahu sama sekali soal ChatGPT.

Partisipan yang berusia di bawah 30 tahun cenderung pernah mendengar tentang ChatGPT dibandingkan mereka yang berusia di atas 30 tahun. Lalu partisipan yang berusia di bawah 50 tahun lebih cenderung menganggap ChatGPT sangat berguna daripada mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Survei Pew Research Center mengungkap sejumlah partisipan, utamanya warga AS di rentang usia 18-29 tahun, menggunakan ChatGPT untuk keperluan hiburan, mempelajari sesuatu yang baru, dan memudahkan pekerjaan di kantor.

Temuan lainnya, penduduk AS dengan pendidikan dan pendapatan rumah tangga yang lebih tinggi, lebih familiar dengan ChatGPT.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Cara Mudah Menggunakan ChatGPT di HP

Senin 22 Mei 2023, 10:37 WIB
Cara Mudah Menggunakan ChatGPT di HP
Berita Terkini