Memori Internal di HP Xiaomi Milikmu Penuh? Tenang, Begini 6 Cara Mengatasinya

Yowan R
Sabtu 17 Juni 2023, 10:21 WIB
Ilustrasi cara hapus file di HP Xiaomi (Sumber : miui.id)

Ilustrasi cara hapus file di HP Xiaomi (Sumber : miui.id)

LABVIRAL.COM - Xiaomi merupakan salah satu brand asal China yang terkenal dengan smartphone buatannya yang dijual dengan harga yang relatif murah untuk semua kelas, namun tetap menghadirkan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Sayangnya, untuk Xiaomi kelas entry-level keluaran lama, kebanyakan memiliki penyimpanan internal yang bisa dikatakan kecil untuk saat ini. Biasanya, Xiaomi akan memberikan penyimpanan internal pada HP entry-level mulai dari 16 GB hingga 64 GB saja.

Untuk saat ini, memori internal yang hanya berkapasitas 16 GB sangatlah kecil, mengingat aplikasi-aplikasi untuk Android yang sediakan Play Store mengkonsumsi memori yang cukup besar.

Sebab, memori internal 16 GB tersebut masih terpotong untuk penyimpanan sistem yang digunakan pada HP. Jadi, total memori yang tersisa biasanya hanya berkisar 10 GB saja.

Jadi, jika HP Xiaomi yang hanya memiliki memori internal 16 GB ini diisi aplikasi media sosial seperti, Instagram dan TikTok atau aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, otomatis memori internalnya sudah hampir penuh.

Selain karena aplikasi yang terinstal, memori di HP Xiaomi juga akan menjadi lebih cepat penuh karena banyaknya file sampah atau file cache. Terlebih jika aplikasi chatting yang digunakan seperti Whatsapp memiliki banyak grup otomatis memori penyimpanan HP akan lebih cepat penuh karena banyak gambar, video, foto, audio, dokumen, dan sebagainya yang diterima.

Memori internal HP yang penuh harus segera ditangani. Sebab, memori internal yang penuh jika dibiarkan begitu saja akan membuat HP menjadi cepat panas, sehingga mengakibatkan HP jadi lemot.

Untuk menangani permasalahan memori internal di HP Xiaomi penuh, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti berikut ini:

1. Bersihkan file yang tidak dibutuhkan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyimpanan internal di HP Xiaomi yang penuh adalah membersihkan file yang tidak diperlukan dengan cara menghapus file berkas dan media seperti dokumen, apk, foto, gambar, video, audio, dan sejenisnya.

Untuk melakukannya, kamu bisa menghapus file-file yang terdapat di file manager, aplikasi WhatsApp, dan aplikasi chatting lainnya yang menyimpan berbagai file.

2. Bersihkan junk dan cache

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa menangani memori internal HP Xiaomi yang penuh dengan membersihkan file junk dan cache yang diproduksi oleh sistem dan aplikasi yang terdapat pada HP Xiaomi yang kamu gunakan.

Untuk menghapus file tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan dari Xiaomi ataupun menggunakan aplikasi pembersih yang bisa kamu download di Play Store.

3. Matikan unduhan otomatis aplikasi

Matikan unduhan otomatis juga bisa kamu terapkan agar memori internal HP Xiaomi tidak cepat penuh. Biasanya, unduhan otomatis ini akan menyimpan file-file seperti foto, video yang diterima dari aplikasi chatting baik itu WhatsApp, Telegram maupun aplikasi lainnya yang digunakan.

4. Hapus aplikasi atau game yang tidak diperlukan

Mengingat aplikasi yang terpasang pada HP Xiaomi terkadang memiliki memori yang cukup besar, jadi menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan akan sangat membantu untuk menangani masalah penyimpanan HP Xiaomi yang terlalu penuh.

5. Gunakan layanan cloud storage

Cara selanjutnya untuk mengatasi memori internal di HP Xiaomi yang penuh adalah memanfaatkan layanan cloud storage atau penyimpanan awan. Contoh layanan cloud storage yang bisa digunakan pada HP Xiaomi adalah Mi Cloud, Google Drive, Dropbox, TeraBox dan masih banyak lagi.

6. Tambahkan memori eksternal (microSD)

Umumnya, Xiaomi akan memberikan slot microSD pada HP entry-level dan mid-range yang mereka produksi. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengantisipasi penuhnya penyimpanan internal yang diberikan Xiaomi.

Mengingat HP kelas entry-level yang Xiaomi pasarkan umumnya memiliki penyimpanan internal yang relatif kecil.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menangani masalah penyimpanan internal di HP Xiaomi yang sudah terlalu penuh.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini