HPmu Disadap Orang? Nggak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Yowan R
Sabtu 17 Juni 2023, 20:01 WIB
Ilustrasi HP dengan sistem keamanan tinggi agar tidak  mudah disadap (Sumber : edx.org)

Ilustrasi HP dengan sistem keamanan tinggi agar tidak mudah disadap (Sumber : edx.org)

LABVIRAL.COM - Penyadapan HP merupakan salah satu tindakan kriminal yang sering kali terjadi di era yang serba digital seperti saat ini. Penyadapan HP juga uga menjadi momok yang cukup meresakan. Sebab saat ini hampir semua orang mengkamulkan HP atau smartphone yang mereka miliki untuk melakukan berbagai aktivitas.

HP yang kamu gunakan saat ini juga sangat berpotensi menjadi sasaran peretasan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. HP yang disadap sangat berbahaya bagi data-data pribadi karena dapat disalahgunakan.

Karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara untuk mengatasi HP yang disadap. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu mengalami hal tersebut dapat langsung mengatasinya sebelum data pribadi diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum masuk ke cara mengatasi HP yang disadap, ada hal penting lain yang perlu kamu ketahui lebih dulu, yaitu ciri-ciri HP yang disadap.

Ciri-ciri HP disadap

  1. Aplikasi tak terduga akan muncul di layar meski kamu tidak menggunakannya.
  2. Ada banyak pop up aplikasi yang terbuka sendiri.
  3. Ada catatan panggilan telepon atau teks tidak dikenal pada log ponsel.
  4. Daya atau baterai hp cepat habis.
  5. Performa hp berjalan lambat karena sistemnya berjalan mirroring.

Cara mengatasi HP disadap

Setelah mengetahui ciri-ciri HP yang disadap, selanjutnya kamu bisa menilai apakah HP yang kamu gunakan tengah disadap. Jika HPmu mengalami beberapa ciri-ciri seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kamu bisa langsung mengatasinya dengan cara sebagai berikut.

1. Aktifkan mode device care

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu mengaktifkan mode device care. kamu bisa cek di pengaturan hp, untuk mengetahui malware yang terpasang di hp.

Pada pengguna Android, bisa masuk ke pengaturan lalu klik menu battery and device care, dan pilih device protection dan scan phone sampai prosesnya selesai.

Sementara pengguna iOS, bisa masuk ke pengaturan lalu klik menu privacy & security, pilih safety check, kemudian pilih emergency reset sehingga tidak terlacak.

2. Ganti password layar kunci HP

Langkah kedua yaitu mengubah nomor PIN atau pattern password untuk akses kunci masuk ke HPmu. Cara ini dapat segera diperbarui ke menu pengaturan di HP masing-masing. Pastikan menggunakan kata sandi yang unik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini