Cara Mudah untuk Mengatasi Your Connection Is Not Private yang Bisa Kamu Coba

Yowan R
Sabtu 17 Juni 2023, 20:28 WIB
Ilustrasi error ‘Your Connection Is Not Private’ (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi error ‘Your Connection Is Not Private’ (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Para pengguna internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan peringatan’ Your Connection Is Not Private’ yang muncul di web browser saat mengakses link tertentu. Peringatan ini muncul karena disebabkan beberapa faktor, seperti SSL yang tidak valid.

Error atau kegagalan saat mengakses link dengan peringatan ‘Your Connection Is Not Private’ ini sebenarnya adalah hal normal. Sebab hal tersebut merupakan sebuah bentuk peringatan untuk pengguna jika situs yang mereka kunjungi dianggap tidak aman.

Untuk penyebab ‘Your Connection Is Not Private’ ada beberapa hal, seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak berikut ini.

Penyebab Your Connection Is Not Private

1. Ketidakcocokan jam dantTanggal

Salah satu penyebab Your Connection is Not Private adalah pengaturan waktu dan tanggal di komputer yang tidak sesuai dengan waktu dan tanggal saat mengakses.

Misalnya, kamu mengakses internet pada tanggal 25 Maret 2022, tetapi waktu dan tanggal di komputer kamu diatur sebagai tanggal 20 Februari 2021. Hal ini akan membuat web browser memverifikasi SSL certificate situs yang kamu kunjungi.

2. Antivirus yang sensitif

Jika waktu dan tanggal pada komputer kamu telah sesuai secara real time tapi masih mendapatkan peringatan Your Connection is Not Private, mungkin masalahnya ada pada antivirus yang kamu gunakan.

Biasanya antivirus yang terlalu protektif dalam mengamankan koneksi internet akan memblokir situs-situs yang tidak jelas keamanannya.

3. SSL sudah kadaluarsa

Jika kamu telah memasang sertifikat SSL tetapi situs menunjukkan Your Connection is Not Private, kemungkinan SSL sudah kadaluarsa.

Sebab, sertifikat SSL tidak berlaku seumur hidup. Sertifikat ini biasanya memiliki masa aktif setahun. Kamu harus memperpanjang atau memperbaharui sertifikat tersebut jika penggunaan lebih dari setahun.

4. Adanya masalah pada ekstensi browser

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini