Viral Tampilan Baru WhatsApp Menu Ada di Bawah, Ini Sebabnya

Yusuf Tirtayasa
Senin 19 Juni 2023, 22:44 WIB
Ilustrasi penggunaan tulisan bahasa Arab di WhatsApp (Sumber : youtube.com/DroidTech ID)

Ilustrasi penggunaan tulisan bahasa Arab di WhatsApp (Sumber : youtube.com/DroidTech ID)

LABVIRAL.COM - Sempat viral diperbincangkan tampilan aplikasi WhatsApp di ponsel Android yang berubah. Sehingga, ini menjadi viral di Twitter dan Instagram.
Awalnya, keramaian terjadi lewat salah satu twit dari akun base dengan nama @convomfs.

Pada twit tersebut, pengirim menyertakan tangkapan layar tampilan WA berubah. Di kolom komentar, pengguna lain ada yang mengaku bila tampilan WA miliknya juga telah berubah, tetapi ada pula yang mengaku belum berubah.

Dari twit itu, diketahui bahwa perubahan tampilan WA di HP Android terjadi pada tata letak bar yang berisi deretan menu utama. Sebagai informasi, bar menu “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls” biasanya terletak di bagian atas layar aplikasi WhatsApp Android.

Namun, berdasarkan yang tengah ramai dibicarakan pengguna di media sosial, tombol menu-menu tersebut menjadi berpindah ke bagian bawah layar aplikasi WhatsApp. Melihat keramaian ini, lantas kenapa menu WA jadi di bawah?

Perubahan tampilan WA yang membuat bar menu utama jadi berada di bawah layar aplikasi secara umum disebabkan karena terdapat update atau pembaruan, yang tampaknya hanya digelontorkan untuk HP Android.

Baca Juga: 3 Cara Menonaktifkan Video Call di WhatsApp dengan Mudah

Sebelum ramai dibicarakan di media sosial, pembaruan tampilan menu WA jadi di bawah sejatinya telah diuji coba sejak sekitar akhir Mei lalu. Kala itu, uji coba dilaporkan dilakukan melalui aplikasi WhatsApp beta Android versi 2.23.10.6.

Pembaruan menyebabkan tampilan menu WhatsApp di HP Android berubah mirip seperti tampilan menu WhatsApp di iOS (iPhone). Untuk diketahui, bar menu “Chat” dan lainnya di WhatsApp iPhone sudah lama berada di bagian bawah layar aplikasi.

Dengan adanya perubahan menu WA jadi di bawah juga pada HP Android, tampaknya pihak WhatsApp ingin melakukan penyeragaman tampilan antar platform.
Menurut WABetaInfo, situs pembocor fitur-fitur baru WhatsApp, penyeragaman tampilan tersebut dinilai ditujukan agar pengguna dapat memperoleh pengalaman yang sama ketika memakai aplikasi WhatsApp di HP Android dan iPhone.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini