Kabar Gembira Bagi Konten Kreator, Mendapatkan Uang di YouTube Kini Lebih Mudah!

Yusuf Tirtayasa
Selasa 20 Juni 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi YouTube (Sumber : theverge.com)

Ilustrasi YouTube (Sumber : theverge.com)

LABVIRAL.COM - Sejak beberapa tahun lalu, YouTube menjadi sarana bagi konten kreator untuk mencari pendapatan. Sehingga, banyak orang yang berlomba-lomba untuk berkreasi lewat channel YouTube masing-masing.

Baru-baru ini, para konten kreator mendapatkan kabar gembira dari YouTube. Karena, perusahaan telah mengubah syarat monetisasi dalam YouTube Partner Program (YPP).

Salah satu keringanan yang diberikan YouTube, yaitu pengurangan syarat jumlah subscriber dari semula minimal 1.000 menjadi 500 subscriber. Selain itu, Youtube juga memudahkan kreator dengan meringankan syarat lainnya. Berikut rincian syarat baru bagi kreator yang bisa lolos YPP.

Pertama adalah channel YouTube yang dimiliki sudah memiliki minimql 500 subscriber. Kemudian yelah mengunggah 3 video dalam 90 hari terakhir.

Terkait waktu nonton (watch hour), seorang konten kreator harus memiliki sekitar 3.000 jam watch hour. Selain itu, bisa juga dengan mencapai 3 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Bila pengguna memenuhi syarat di atas, pengguna bisa mengajukan diri menjadi kreator YPP.

Dengan menjadi kreator YPP, pengguna akan mendapatkan akses ke fitur monetisasi YouTube, termasuk Super Thanks, Super Chat, dan Super Stickers.

Kreator yang tergabung dalam YPP juga akan mendapatkan tools seperti channel membership dan kemampuan untuk mempromosikan merchandise mereka sendiri melalui YouTube Shopping.

Baca Juga: 7 Youtuber Indonesia Berpenghasilan Tertinggi 2023, Tebak Siapa Saja?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini