Cara Optic ID Buka Perangkat Apple Vision Pro dengan Detail Iris Mata

Yusuf Tirtayasa
Kamis 22 Juni 2023, 19:31 WIB
Apple Vision Pro (Sumber : Apple)

Apple Vision Pro (Sumber : Apple)

LABVIRAL.COM - Apple memperkenalkan teknologi autentikasi keamanan biometrik terbaru, yaitu Optic ID. Ini diluncurkan beesamaan dengan headset Apple Vision Pro.

Diketahui, Optic ID menggunakan detail iris mata untuk membuka kunci perangkat. Terobosan ini akan dipakai pertama kali di headset Mixed Reality Vision Pro yang diperkenalkan di Worldwide Web Developer atau WWDC 2023.

Apple menjelaskan, Optic ID menganalisis iris mata pengguna melalui paparan cahaya LED, kemudian membandingkannya dengan Optic ID yang terdaftar dan disimpan di Secure Enclave perangkat.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (10/6/2023), Mike Rockwell, VP of technology development group, Apple mengatakan di keynote-nya, teknologi ini juga dapat mendeteksi perbedaan iris, bahkan pada kembar identik.

Soal keamanan, perusahaan mengklaim, data-data Optic ID "tidak pernah meninggalkan perangkat" pengguna. Selain itu, informasi juga dienkripsi sepenuhnya.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Tidak Terkesan dengan Apple Vision Pro, Begini Penjelasannya

Sebelumnya, Apple hanya memiliki sistem autentikasi biometrik Touch ID yang menggunakan sensor sidik jari, serta Face ID yang mengautentikasi wajah dengan titik inframerah yang diproyeksikan dan depth sensor.

Usai debut di Vision Pro, sistem biometrik Optic ID nantinya akan bisa digunakan untuk membuka banyak hal di ekosistem Apple, mulai dari headset tersebut sampai Apple Pay.

Selain Optic ID, fitur yang menarik dan diperkenalkan di Apple Vision Pro adalah avatar digital yang tampak realistis atau hiper-realstik, saat pengguna menggunakan FaceTime.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini