Ketahui Penyebab Oli Motor Matic Bocor dan Cara Mengatasinya

Yusuf Tirtayasa
Jumat 23 Juni 2023, 18:50 WIB
Ilustrasi penggantian oli motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi penggantian oli motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Motor matic kerap menjadi pilihan kendaraan favorit untuk digunakan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari karena kepraktisannya. Meski begitu, terkadang motor ini juga kerap mengalami masalah.

Salah satunya masalah yang sering dihadapi pengguna motor matic, yakni oli motor yang bocor.

Oli sendiri merupakan cairan pelumas yang berfungsi sebagai stimulus supaya mesin motor dapat bekerja secara optimal tanpa menyebabkan gesekan antar komponen yang berujung kerusakan.

Jika oli bocor tentunya akan sangat merepotkan. Ada beberapa faktor yang membuat oli pada motor matic bisa bocor. Dilansir dari laman Planet Ban, berikut ini penyebab dan cara mengatasi oli motor matic yang bocor.

1. Karet Seal yang Rusak

Salah satu penyebab utama kebocoran oli pada motor matic adalah kerusakan pada komponen karet seal. Karet seal berfungsi untuk menyegel sambungan antara komponen mesin dan mencegah oli keluar dari sistem. 

Apabila yang satu ini mengalami kerusakan, seperti retak atau sobek, maka akan membuat oli bocor keluar dari mesin. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu memeriksa kondisi karet seal dan menggantinya jika diperlukan. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan karet seal yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Mudah Ganti Oli Motor Beat Secara Mandiri di Rumah

2. Baut Penahan Oli Longgar

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini