3 Aplikasi AI untuk Bantu Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Yowan R
Jumat 23 Juni 2023, 19:35 WIB
Ilustrasi penyusunan skripsi (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi penyusunan skripsi (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Teknologi Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi canggih dengan berbagai format yang dapat digunakan untuk membantu berbagai macam aktivitas pengguna.

Salah satunya untuk membantu penyusunan skripsi atau karya ilmiah akhir untuk pendidikan sarjana. Dimana, pada penyusunan skripsi tersebut terdapat beberapa bagian dan proses seperti mencari ide judul, mencari referensi, membuat kerangka (outline), memahami referensi yang digunakan dan masih banyak lagi.

Nah, pemanfaatan teknologi AI dalam penyusunan skripsi ini membuat pengguna memperoleh bantuan untuk mengerjakan bagian dan proses skripsi yang sudah dijelaskan di atas.

Bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan teknologi AI untuk membantu mengerjakan skripsi, ada beberapa aplikasi AI yang bisa dimanfaatkan. Penasaran apa saja aplikasi AI yang dapat digunakan untuk membantu skripsi? Simak daftar selengkapnya berikut ini.

Daftar aplikasi AI untuk skripsi

1. Chat GPT

Aplikasi AI untuk skripsi yang pertama yang dapat digunakan untuk membantu penyusunan skripsi dan sudah cukup populer adalah Chat GPT.

Program AI buatan OpenAI ini dibekali kemampuan untuk menjawab aneka pertanyaan dan perintah pengguna. Dengan kemampuan dari aplikasi tersebut, pengguna bisa meminta Chat GPT untuk melakukan tugas yang dapat membantu menyelesaikan skripsi.

Seperti mencari ide judul, menyarankan referensi buku, dan lainnya. untuk mengakses Chat GPT, pengguna bisa menggunakan alamat https://chat.openai.com/.

2. Consensus

Dalam pengerjaan skripsi, umumnya pengguna akan diminta untuk menyertakan teori atau konsep dari tokoh untuk menjelaskan masalah yang diangkat. Nah, untuk membantu melakukan hal tersebut, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi AI Consensus.

Di aplikasi Consensus, pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah penelitian. Selanjutnya, Consensus akan memberikan jawaban yang disertai referensi dari buku atau jurnal. Untuk menggunakan Consensus pengguna dapat mengaksesnya di https://consensus.app.

3. Elicit

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini