Pakai Teknologi AI, Samsung Neo QLED 8K TV Bisa Buat Film Lampau Lebih Memukau

Yusuf Tirtayasa
Jumat 23 Juni 2023, 21:06 WIB
Samsung Neo QLED 8K TV (Sumber : Samsung)

Samsung Neo QLED 8K TV (Sumber : Samsung)

LABVIRAL.COM - Meski banyak film baru, terkadang film-film lampau masih menarik untuk ditonton kembali. Namun, film lampau memiliki kualitas gambar tidak sebaik film-film masa kini. Untuk itu, Samsung belum lama ini meluncurkan Neo QLED 8K TV yang dilengkapi teknologi AI Upscaling. Teknologi tersebut diklaim dapat meningkatkan kualitas gambar video lama menjadi setara 8K.

Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, Neural Quantum Processor 8K dari Samsung akan mengubah konten apa pun menjadi setara 8K yang berkualitas tinggi, dengan tekstur lebih baik, detail yang lebih kaya, dan noise minimal.

"Penambahan 44 neural networks menjadi 64 pada tahun ini membuat kemampuan AI Upscaling di TV ini meningkat drastis untuk melakukan upscaling secara lebih presisi dan akurat. Pengguna bisa menikmati kembali konten-konten memorable dengan tampilan lebih memukau," kata Ubay, dikutip dalam siaran persnya, Kamis (22/6/2023).

Ia juga menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat Samsung Neo QLED 8K TV bisa mengubah film lampau menjadi lebih memukau, seperti:

1. Punya 'Otak' AI yang Lebih Banyak

Fondasi dari kemampuan meningkatkan konten standar menjadi setara 8K pada TV ini terletak pada teknologi Neural Quantum Processor 8K yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI). Samsung memperkenalkan teknologi 8K AI Upscaling ini sejak 2019.

Tahun lalu, fitur ini memiliki 20 neural network untuk menganalisis konten dan meningkatkan kualitasnya. Tahun ini, perusahaan menambahkan 44 neural network lagi menjadi 64, sehingga kemampuannya dalam melakukan upscaling jadi lebih presisi dan akurat.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung dengan Mudah

Pada dasarnya neural network adalah 'otak' dari machine learning dalam teknologi AI untuk mempelajari berbagai pola data secara mandiri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini